Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PERSPEKTIF
NURCHOLISH MADJID
Penanda Bagikan

Text

KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID

AJI PRIATNA NURMANSYAH - Nama Orang;

Aji Priatna Nurmansyah, Konsep Pendidikan Islam Menurut Perspektif Nurcholish Madjid-Skripsi: Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah -Institut Agama Islam Tasikmalaya

Memahami konsep dasat pendidikan Islam tentunya harus memiliki pandangan yang luas dalam pemikiran dan penerapannya. Sebab dewasa ini kurang begitu terimplementasikan, baik secara sistematis, proses dan evaluasi yang relevan didalamnya. Oleh sebab itu adanya merekontruksi ulang dasar-dasar pemikiran pendidikan Islam di Indonesia sebagai bentuk perkembangan pendidikan Islam dalam filosofis dan praktis. Dalam penilitian Skripsi ini penulis mencoba mendeskripsikan pada aspek tujuan, materi, dan metode pendidikan yang digunakan Nurcholish Majid, beliau adalah seorang pemikır Pembaharu Islam Indonesia. Metode yang penulis gunakan menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif yaitu menjabarkan gagasan-gagasan yang di kemukakan Nurcholish Madjid. Yaitu deskripsi data yang disertai dengan analisa dan interpretasi dengan menggunakan pendekatan historis, sosiologis, filosofis, dan teologis. Segala macam aspek kehidupan hendaknya mengacu kepada hal-hal yang mendasar sebagai asas berkehidupan, diantaranya ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan. Dengan mengunakan tiga asas tersebut maka itulah pendidikan yang ideal, karena pada dasarnya pendidikan adalah cara memanusiakan manusia dan agar terus ingat kepada sang penciptanya. Pendidikan menegaskan kepada konsep pembentukan manusia yang mulia (Insan Kamil), yakni agar terwujudnya aspek- aspek kemuliaan yang merata dan seimbang melalui pendidikan islam.

Kata Kunci: Nurcholish Madjid, Konsep Pendidikan Islam


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya 011.75 APN k
01175APNk01
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 APN k
Penerbit
kota tasikmalaya : IAI TASIKMALAYA., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?