Detail Cantuman
Advanced SearchText
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA DISIPLIN DI PESANTREN DAARUL ANBA BANTARGEDANG (Penelitian di Pesantren Daarul Anba Bantargedang Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya)
Tsaniatusyarifah, 2024, Implementasi Pendidikan Karakter melalui
Budaya Disiplin di Pesantren Daarul Anba Bantargedang Skripsi,
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut
Agama Islam Tasikmalaya (IAIT), Pembimbing 1 Dr Ade Zanul
Muttaqin, M.Ag. Pembimbing II Iqbal Anggia Yusuf, M. Pd
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Budaya Disiplin Semakin menurunnya etika moral santn. Hal tersebut dapat
ditunjukan dengan adanya perbuatan santri Santri tidak dapat mengatur waktu dengan baik dalam hal mengaji maupun berjama'ah, kurang menjaga sopan santun terhadap adik kelas maupun kakak kelas, berpakaian tidak rapih, menganggap remch terhadap peraturan, pulang tanpa ijin, membuang sampalı sembarangan, membawa HP Pendidikan Karakter merupakan Pendidikan mengenai dasar-dasar akhlak dan keutamaan perangai, tabi'at yang harus dimiliki dan dijadikan kebiasaan oleh anak sejak masa kanak-kanak Disamping terbiasa melakukan akhlak mulia Pendıdıkan Akhlak adalah suatu yang bermanfaat dan berguna bagi manusia sebagai acuan tingkah laku Implementasi Pendidikan Karakter melalui budaya disiplin akan lebih maksimal jika didukung dan melalui Kerjasama dari berbagai pihak, sehingga Pendidikan karakter tidak hanya ditanamkan dalam kegiatan di Pesantren saja namun juga dirumah.
Dari Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apa saja Program Kedisiplinan yang ada di Pesantren Daarul Anba Bantargedang (2) Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya Disiplin di Pesantren daarul Anba Bantargedang (3) Apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat Implernentası Pendidikan Karakter di Pesantren Daarul Anba Bantargedang (4) Bagaimana Hasıl dari Pendidikan Karakter melalui Budaya Disiplin di Pesantren daarul Anba Bantargedang Penelitian ini termasuk Penelitian Kualitatif dengan Teknik mengumpulkan data, wawacara, observası, dan dokumentasi Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan
Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwasannya (1) Program kedisiplinan di Pesantren Daarul Anba yaitu disiplin waktu, disiplin berpakaian, disiplinpembelajaran/pengajian, Peribadatan (2) Implementasi
Pendidikan melalui budaya disiplin di Pesantren Daarul Anba tentunya dalam kegiatan sehari-hari dalam pengajian, ibadah, bakti sosial bahwa dengan diciptakannya kebiasaan tersebut menjadikan santri mempunyai akhlak yang mulia (3) Faktor Pendukung dan Penghaman Implementasi Pendidikan Karakter di Pesantren Daarul Anba yaitu Faktor pendukungnya meliputi lingkungan yang positif, dan untuk Faktor penghambatnya yaitu sikap santri yang membawa karakter kurang baik dari rumahnya dan sikap santri yang masih labil.(4) Hasil dar Implementasi Pendidikan Karakter di Pesantren Daarul Anba yaitu dari berbaga program kedisiplinan yang ada di pesantren tersebut menghasilkan manfa khususnya Pendidikan karakter menjadikan santri mempunyai akhlak yang ba dan melakukan kegiatan syang positif dalam pesantren maupun dirumah.
Ketersediaan
01175TSAi01 | 011.75 TSA i | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
011.75 TSA i
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : IAI TASIKMALAYA., 2024 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
011.75
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain