Image of PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN PRAMUKA
TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MATA 
PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH 
TSANAWIYAH NEGERI 13 TASIKMALAYA

Text

PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN PRAMUKA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 13 TASIKMALAYA



ACEP SAEPUL MILAIL 2001037. PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN PRAMUKA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 13 TASIKMALAYA SKRIPSI. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGUGURANIAI TASIKMALAYA

Penelitian ini dilatar belakangi masih ada siswa yang aktif dalam kegiatan pramuka memiliki kedisiplinan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang masih rendah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan praniuka terhada kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 13 Tasikmalaya Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif Populasi pada penehtian im adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 13 Tasikmalaya yang berjumlah 150 orang dengan jumlah sampel sebanayak 30 siswa (20%). Teknik pengambilan sampel penelitian adalah stratified random sampling Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentası. Teknik analısıs data yang digunakan adalah dengan rumus korelasi Pearson product moment Hasıl penelitian menunjukkan bahwa pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan pramuka adalah sebesar 11 siswa (36,667%) berada pada kategori rendah, 1 siswa (3.333%) berada pada kategori sedang, dan 18 siswa (60%) berada pada kategon tinggi berada pada kategori sangat tinggi. Dari data yang diperoleh diketahui kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bahwa adalah sebesar 6 siswa (20%) berada pada kategori rendah, dan 24 siswa (80%) berada pada kategori tinggi Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa rhitung 0,356 < rtabel 0,361 dengan taraf kesalahan sebesar 0,05 dan N30 Regresi sederhana diketahui F hitung 4.068 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,053 0.005 Berdasarkan hasil penelitian analisis statistik inferensial (Uji Hipotesis), serta hasil penelitian di atas, peneliti dapat menyimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan pramuka terhada kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 13 Tasikmalaya.

Kata Kunci: keaktifan pramuka, kedisiplinan belajar


Ketersediaan

01175ASMp01011.75 ASM pPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 ASM p
Penerbit IAI TASIKMALAYA : kota tasikmalaya.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya