Detail Cantuman
Advanced SearchText
PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN PRAMUKA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 13 TASIKMALAYA
ACEP SAEPUL MILAIL 2001037. PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN PRAMUKA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 13 TASIKMALAYA SKRIPSI. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGUGURANIAI TASIKMALAYA
Penelitian ini dilatar belakangi masih ada siswa yang aktif dalam kegiatan pramuka memiliki kedisiplinan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang masih rendah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan praniuka terhada kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 13 Tasikmalaya Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif Populasi pada penehtian im adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 13 Tasikmalaya yang berjumlah 150 orang dengan jumlah sampel sebanayak 30 siswa (20%). Teknik pengambilan sampel penelitian adalah stratified random sampling Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentası. Teknik analısıs data yang digunakan adalah dengan rumus korelasi Pearson product moment Hasıl penelitian menunjukkan bahwa pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan pramuka adalah sebesar 11 siswa (36,667%) berada pada kategori rendah, 1 siswa (3.333%) berada pada kategori sedang, dan 18 siswa (60%) berada pada kategon tinggi berada pada kategori sangat tinggi. Dari data yang diperoleh diketahui kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bahwa adalah sebesar 6 siswa (20%) berada pada kategori rendah, dan 24 siswa (80%) berada pada kategori tinggi Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa rhitung 0,356 < rtabel 0,361 dengan taraf kesalahan sebesar 0,05 dan N30 Regresi sederhana diketahui F hitung 4.068 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,053 0.005 Berdasarkan hasil penelitian analisis statistik inferensial (Uji Hipotesis), serta hasil penelitian di atas, peneliti dapat menyimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan pramuka terhada kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 13 Tasikmalaya.
Kata Kunci: keaktifan pramuka, kedisiplinan belajar
Ketersediaan
01175ASMp01 | 011.75 ASM p | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
011.75 ASM p
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : kota tasikmalaya., 2024 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
011.75
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain