Detail Cantuman
Advanced SearchText
PEMAHAMAN SISWA TENTANG KITAB "TUHFATUL AFHFAL" DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian Di SMK Arroja Tasikmalaya Kelas XI Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya)
Aris Kusnadi. 2024. Pemahaman Siswa Tentang Kitab Tuhfatul Athfal dan
Hubungannya dengan Kemampuan Membaca Al-Qur'an pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Penelitian di SMK Arroja
Tasikmalaya di Kelas XI Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya).
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Tasikmalaya
Pada umumnya pelajaran Pendidikan Agama Islam dianggap pelajaran yang sukar dan menjenuhkan. Maka dari itu untuk meningkatkan motivasi sekaligus meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an, maka penulis mencoba memadukan pelajaran kitab tajwid melalui bahan ajar kitab Tuhfatul Athfa karangan Syekh Sulaiman al- Jamjuri dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Maka dari itu penulis melakukan penelitian tentang hal tersebut. Penelitian yang penulis lakukan bertujuan untuk memperoleh hasil yang objektif tentang pemahaman siswa tentang kitab Tuhfatul Athfal terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dimana analisanya menggunakan statistik yang mana dalam hal ini data yang diperoleh melalui beberapa teknik di antaranya adalah observasi, kepustakaan, wawancara dan tes hasil belajar. Setelah dilakukan penelitian ternyata hasil yang diperoleh adalah bahwa kemampuan membaca Al-Qur'an siswa sebelum memahami kitab Tuhfatul Athfal tergolong pada kriteria baik yaitu dengan nilai 3,80 dan setelah dilakukan tes, kemampuan membaca Al-Qur'an siswa setelah memahami kitab Tuhfatul Athfal pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pun tergolong sangat baik dengan nilai rata-rata keseluruhan hasil tes siswa sebesar 75,625. Sedangkan besarnya nilai pemahaman siswa tentang kitab Tuhfatul Athfal terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dibuktikan dengan rumus product moment yaitu sebesar 0,98 yang dikonsultasikan dengan interpretasi "r" tabel dan hasilnya sangat tinggi. Kemudian berdasarkan hasil uji hipotesis antara variabel X dan variabel Y
diperoleh harga t hitung sebesar 76,22 lebih besar daripada 1 tabel yaitu sebesar 2,04. Dan berdasarkan hasil uji determinasi, besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y diperoleh angka pengaruh sebesar 96,04%. Dan kesimpulannya adalah bahwa terdapat pengaruh yang sangat baik antara hasil belajar siswa tentang kitab Tuhfatul Athfal karangan syehk sulaiman al- jamjuri terhadap kemampuan membaca Al-Qur annya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XI SMK Arroja Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya.
Kata Kunci: Kitab Tuhfatul Athfal, Membaca Al- Qur'an
Ketersediaan
01175ARIp | 011.75 ARI p | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
01175ARIp01 | 011.75 ARI p | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
011.75 ARI p
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : kota tasikmalaya., 2024 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
011.75
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain