Detail Cantuman
Advanced SearchText
IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MAHMUD YUNUS (STUDI KASUS SMA NUSANTARA CIAMIS)
Muhammad Zaki Ali 1901259 ANALISIS KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MAHMUD YUNUS (STUDI KASUS SMA NUSANTARA CIAMIS).
Keadaan pendidikan Islam di Indonesia sebagian besar tetap bercorak di abad ke-20 Dengan pola tradisional. Kurikulum yang digunakan oleh berbagai lembaga pendidikan islam masih memiliki pola dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum. Arah Pengajaran masih berdasarkan penguasaan materi melalui sistem hafalan sepenuhnya lisan. Yaitu dapat mengatakan tetapi tidak mengerti arti dari tujuan. Belum lagi latihan Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan pada Tentang Bagaimana Mahmud Yunus Sebagai Tokoh Memandang Konsep Pendidikan Islam berdirinya pendidikan Islam. Dalam pembuatan kurikulum, beliau menerapkan kurikulum yang komprehensif, yang terintegrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum di Lembaga Pendidikan Islam. Adapun metode pembelajaran yang diterapkan olch Mahmud Yunus tidak hanya condong pada metode pengajaran saja, tetapi mengadopsi metode pengajaran mengajar siswa sesuai dengan bakatnya, sehingga materi pembelajaran menjadi terpadu. Guru yang diharapkan Mahmud Yunus adalah menekankan bahwa setiap guru dapat hidup di tengah-tengah siswa, schingga komunikası antara guru dan siswa dapat dilakukan secara emosional. Maka tujuan penelitian dalam kajian ini adalah Untuk mengetahui konsep pendidikan islam mahmud yunus Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat konsep pendidikan islam mahmud yunus. Untuk mengetahui hasil penerapan konsep pendidikan islam mahmud yunus. Konsep pendidikan Islam perspektif Mahmud Yunus adalah pendidikan yang berupaya melahirkan manusia- manusia yang bermoral dan berakhlak mulia, serta memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pengetahuan umum. Adapun konsep pendidikan Islam menurut Mahmud Yunus adalah: Tujuan pendidikan yang diarahkan untuk menyiapkan anak-anak didik agar pada waktu dewasa mereka sanggup melakukan pekerjaan dunia dan amalan akhirat, sehingga tercipta kebahagiaan bersama dunia akhirat. Dalam hal ini Mahmud Yunus lebih menekankan pada pembentukan peserta didik yang berkepribadian akhlak mulia, karena dengan akhlak mulia ini seseorang akan memperoleh kebahagiaan. Konsep pendidikan Islam Mahmud Yunus ini masih sangat relevan untuk diimplementasikan di zaman sekarang, karena pendidikan yang diimplementasikan oleh Mahmud Yunus ini sesuai dengan kebutuhan saat ini, bahkan di sekolah unggulan saat ini masih menggunakan konsep pendidikan Islam seperti yang diimplementasikan oleh Mahmud Yunus mulai dari tujuan pendidikannya sampai kriteria seorang guru yang diharapkan dalam pendidikan Islam. Hal ini nampak bahwa konsep pendidikan Islam perspektif Mahmud Yunus benar-benar mengupayakan. peningkatan mutu pendidikan Islam.
Kata kunci: Konsep Pendidikan, Konsep Pendidikan Islam Mahmud Yunus.
Ketersediaan
01175MZAi01 | 011.75 MZA i | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
011.75 MZA i
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : kota tasikmalaya., 2023 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
011.75
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain