Detail Cantuman
Advanced SearchText
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK NU KOTA TASIKMALAYA
Diki Candra, 1901066 IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK NU KOTA TASIKMALAYA.
Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya Kurikulum yang terus berganti setiap pergantian kepemimpinan presiden, dari KTSP, Kurikulum 2013, dan Kurikulum Merdeka. Ini dikarenakana kurikulum sebelumnya kurang sesuai dengan tujuan pendidikan dan cenderung tidak memberikan kebebasan kepada peserta didik. Oleh karna itu penulis mengangkat judul Implementasi Kurikulum Merdeka karena kurikulum ini sangat cocok di terapapkan di sekolah. Yang mana kurikulum Merdeka ini sudah di terapkan di SMK NU Kota Tasikmalaya, SMK NU Kota Tasikmalaya di beri previlage pada tahun 2021 untuk dipakai lebih awal.
Penggunaan kurikulum merdeka di SMK NU Kota Tasikmalaya cukup kompleks karena perubahan yang signifikan terutama perubahan dari struktur kurikulum Contohnya, dari segi penamaan jurusan pun berubah di SMK NU terdapat 2 jurusan TBSM dan RPL Karena adanya kurikulum merdeka RPL berubah menjadi PPLG dan TBSM berubah menjadi Otomotif karena adanya perubahan nomokatur. Jadi perubahan nomokatur signifikan ke struktur kurikulum.
Penelitian ini dilakukan agar mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar yang diterapkan di SMK NU Kota Tasikmalaya berlajan dengan maksimal atau tidak dan mengatahui faktor pendukung dan penghambat nya, sehingga mengetahui hasil dari implementasi kurikulum merdeka belajar yang diterapkan di SMK NU Kota Tasikmalaya.
Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang mana dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data lewat wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Kualitatif yang dilakukan dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data: yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru siswa di SMK NU Kota Tasikmalaya.
Adapun hasil dari implementasi kurikulum merdeka belajar yaitu kurikulum merdeka yang sudah diterapkan Implementasi kurikulum merdeka belajar telah dilaksanakan dengan optimal dan sedang berlangsung, walaupun dalam pelaksanaannya masih ada kekurangan dan hambatan. Kunci keberhasilan dari adanya penerapan kurikulum merdeka belajar adalah guru dan siswa meningkatkan mindset untuk mau melakukan perubahan sehingga kurikulum merdeka dapat diterapkan secara maksimal. Dengan adanya
pemberdayaan sumber daya manusia dan peningkatan produktifitas yang dilakukan, terlebih dilakukan oleh guru pada kurikulum merdeka belajar terbilang baru, guru melakukan cara pandang baru untuk melakukan perubahan kegiatan pembelajaran untuk dapat mencapai tujuan pendidikan secara efektif.
Kata Kunci: Impelementasi, Kurikulum Merdeka di SMK NU Kota Tasikamalaya
Ketersediaan
01175DIKi01 | 011.75 DIK i | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
011.75 DIK i
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : kota tasikmalaya., 2023 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
011.75
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain