Image of ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB
MUKHTARUL AHADIS MENURUT PERSPEKTIF AS-SAYYID 
AHMAD AL-HASYIM

Text

ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB MUKHTARUL AHADIS MENURUT PERSPEKTIF AS-SAYYID AHMAD AL-HASYIM



Bintang Al Farizi 2001018. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kitab Mukhtarul Ahadis Menurut Perspektif As-sayyid Ahmad Al-hasyim. Skripsi. Tasikmalaya: Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam (IAI) Tasikmalaya, 2024. Pembimbing I Jani Sanjari dan Pembimbing II Cecep Abdul Muhlis Sujai..

Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang bertujuan mengembangkan potensi individu dan membentuk karakter untuk menghadapi herbagai tantangan hidup. Dalam konteks globalisası dan modernisasi, terdapat kebutuhan mendesak untuk mengevaluasi nilai-nilai pendidikan Islam yang mungkin mengalami penurunan akibat pengaruh budaya luar dan perubahan sosial. Fenomena ini mencakup menurunnya minat pada pendidikan agama, pengaruh media sosial, kesenjangan generasi, kurangnya sumber daya pendidikan, dan pergeseran nilai masyarakat. Kitab klasik, seperti Kitab Mukhtarul Ahadıs karya As-Sayyid Ahmad Al-Hasyim, memainkan peran sentral dalam menyebarluaskan ajaran Islam dan membentuk pernahaman keislaman Penelitian mi bertujuan untuk menganalısıs nilai-nilai pendidikan Islam dalam Kitab Mukhtarul Ahadis untuk mengidentifikası relevansı, pemahaman, dan aplıkabilitas ajaran Islam dalam konteks pendidikan Islam modern Dengan pendekatan analisis mendalam, Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research), yaitu meneliti secara mendalam mengenai kitab Mukhtarul Ahadis. Sumber data penelitian disini berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder, seuangkan untuk menganalisis data yang ada penulis mengorgantsir, memilih dan memilah untuk disintesiskan kemudian menemukan pola dan menyimpulkannya. Adapun metode analisis ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif Setelah dilakukan penelitian dengan metode tersebut dapat diketahui bahwa dalam kitab Mukhtarul Ahadis terdapat beberapa point penting tentang nilai pendidikan Islam, diantaranya, Pendidikan Tauhid, Pendidikan ibadah dan Pendidikan akhlak, yang mencakup nilai lain didalamnya. Relevansi nilai pendidikan Isalm menurut perspektif As-sayyid Ahmad Al-hasyim dengan pendidikan masa kini sangat berkaitan erat yang mana beliau menekankan pentingnya penekanan dalam pendidikan Tauhid, Ibadah dan Akhlak. Sebab dengan tauhid, seorang muslim akan menjadikan Allah sebagai tujuan akhir serta dasar aksiologi dan semua mata rantai aktifitas di dunia. Ibadah menciptakan sikap kehambaan, buktı manusia sebagai Khalifah di muka bumi ini. Akhlak memperindah hubungan manusia dengan Tuhan (Hablum minallah) dan sesama manusia (Hablum minannas).

Kata Kunci: Nilai Pendidikan Islam, Kitab Mukhtarul Ahadis.


Ketersediaan

01175BINa01011.75 BIN aPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 BIN a
Penerbit IAI TASIKMALAYA : kota tasikmalaya.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya