Image of STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MA AL-HIKMAH
CIPASARA KECAMATAN SALOPA KABUPATEN TASIKMALAYA

Text

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MA AL-HIKMAH CIPASARA KECAMATAN SALOPA KABUPATEN TASIKMALAYA



ENENG KARTIKA 2001125. STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MA AL-HIKMAH CIPASARA KECAMATAN SALOPA KABUPATEN TASIKMALAYA

Skripsi ini membahas tentang Stretegi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Al-Hikmah Cipasara Tasikmalaya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Al-Hikmah Cipasara Tasikmalaya (2). Kendala-kendala guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Al-Hikmah Cipasara Tasikmalaya Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekundet. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru pendidikan agama Islam Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di MA Al-Hikmah Cipasara Tasikmalaya masih perlu ditingkatkan karena ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan karena pada saat pelajaran berlangsung masih ada siswa yang kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan materi yang disampaikan, bahkan ada beberapa siswa main-main sendiri dan mengganggu temannya yang sedang konsentrasi belajar sehingga pembelajaran kurang efektif. 2) Dalam kegiatan belajar mengajar guru menggunakan berbagai strategi dalam meningkatkan motivasi berlajar pendidikan agama Islam yaitu memberi penguatan, memberikan nilai. mengadakan kompetisi, memberikan pujian, hukuman, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dan mengadakan ulangan. Dengan adanya bentuk-bentuk motivasi tersebut, diharapkan siswa menjadi aktif dalam mengikuti pembelajaran pendidikan agama Islam. 3). Adapun kendala-kendala yang dihadapi guru pedidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu pengaruh teman sebaya, kurangnya perhatian dan pengawasan orang tua. Implikasi penelitian bahwa semua guru MA Al- Hikmah Cipasara Tasikmalaya, khususnya guru pendidikan agama Islam agar senantisa mengarahkan siswa untuk belajar yang lebih baik. Guru jangan merasa lelah untuk terus memotivasi siswa dan selalu meningkatkan motivasi siswa pada saat pembelajaran berlangsung.

Kata Kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar


Ketersediaan

01175ENEs01011.75 ENE sPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 ENE s
Penerbit IAI TASIKMALAYA : kota tasikmalaya.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya