Detail Cantuman
Advanced SearchText
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIRED STORY TELLING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DI KELAS 5 SDN SUKARAJA KABUPATEN TASIKMALAYA
Anjani Indrianti, NIM. 1901113, IAI Tasikmalaya, skripsi yang berjudul "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIRED STORY TELLING TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS 5 SDN SUKARAJA KABUPATEN TASIKMALAYA"
Penelitian ini dilatar belakangi karena proses pembelajaran di SDN Sukaraja saat ini kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam pembelajaran Hal tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman serta kurangnya penerapan model-model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa, sehingga suasana belajar terkesan kaku. Hal ini dıkhawatirkan akan berpengaruh terhadap minat serta hasıl belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut pembelajaran kooperatif adalah salah satu alternatif dari permasalahan yang terjadi.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Paired Story Telling terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Pre-Eksperiment dengan desain penelitian One Shot Case Study. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 50 siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui instrumen penelitian berupa tes objektif (posttest) dan merupakan pilihan ganda dengan jumlah 40 butir soal. Hal ini dilakukan setelah melakukan treatment atau penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Paired Story Telling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Paired Story Telling dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas 5 SDN Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Hal ini terbukti dari hasil uji one sample test adalah 0,038, karena nilai ini lebih kecil dari 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa keputusan hipotesis alternatif atau H, diterima dan hipotesis nol atau He ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil posttest denga menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Paired Story Telling. Ja dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajara kooperatif tipe Paired Story Telling efektif untuk meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Paired Story Telling, Hasil Belajar
Ketersediaan
01175ANJe01 | 011.75 ANJ e | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
011.75 ANJ e
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : kota tasikmalaya., 2023 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
011.75
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain