Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN 
KOOPERATIF TIPE PAIRED STORY TELLING TERHADAP
HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN 
DI KELAS 5 SDN SUKARAJA KABUPATEN TASIKMALAYA
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIRED STORY TELLING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DI KELAS 5 SDN SUKARAJA KABUPATEN TASIKMALAYA

ANJANI INDRIANTI - Nama Orang;

Anjani Indrianti, NIM. 1901113, IAI Tasikmalaya, skripsi yang berjudul "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIRED STORY TELLING TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS 5 SDN SUKARAJA KABUPATEN TASIKMALAYA"

Penelitian ini dilatar belakangi karena proses pembelajaran di SDN Sukaraja saat ini kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam pembelajaran Hal tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman serta kurangnya penerapan model-model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa, sehingga suasana belajar terkesan kaku. Hal ini dıkhawatirkan akan berpengaruh terhadap minat serta hasıl belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut pembelajaran kooperatif adalah salah satu alternatif dari permasalahan yang terjadi.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Paired Story Telling terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Pre-Eksperiment dengan desain penelitian One Shot Case Study. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 50 siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui instrumen penelitian berupa tes objektif (posttest) dan merupakan pilihan ganda dengan jumlah 40 butir soal. Hal ini dilakukan setelah melakukan treatment atau penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Paired Story Telling.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Paired Story Telling dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas 5 SDN Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Hal ini terbukti dari hasil uji one sample test adalah 0,038, karena nilai ini lebih kecil dari 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa keputusan hipotesis alternatif atau H, diterima dan hipotesis nol atau He ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil posttest denga menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Paired Story Telling. Ja dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajara kooperatif tipe Paired Story Telling efektif untuk meningkatkan hasil belajar.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Paired Story Telling, Hasil Belajar


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya 011.75 ANJ e
01175ANJe01
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 ANJ e
Penerbit
kota tasikmalaya : IAI TASIKMALAYA., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?