Detail Cantuman
Advanced SearchText
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
LULU LUTFIAH. 1901115. IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (Penelitian di Kelas VI A SDN 1 Picungremuk Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya)
Penelitian ini dilatar belakangi olch pentingnya menanamkan karakter yung baik terhadap peserta didik dan kedisiplinan serta tanggung jawab pada jerjang sekolah dasar menuju jenjang pendidikan yang lebih Tinggi. Melalui pooddhan humanis seorang guru harus mampu memposisikan dirinya sebagai fasilitator bagi muridnya yang bisa menghargai serta memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar hidup bersama dan saling menghargai melalui pembiasaan hidup berdampingan. Dengan pendidikan agama Islam maka anak peserta didik dapat diarahkan poda sikap dan tingkah laku yang mengarahkan pada pembentukan kepribadian, terutama sikap spiritualnya Jika pendidikan agama Islam tidak diberikan dijenjang sekolah dasar, maka akan berakibat fatal terhadapanak ketika tumbuh dewasa yang nantinya akan sukar bagı dirinya untuk menerima ajaran-ajaran agama dan dapat dengan mudah untuk melakukan segala sesuatu dengan dorongan keinginan jiwanya tanpa agama dan tanpa memperhatikan norma-norma dan hukum yang ada
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianlisis menggunakan metode triangulasi
Hasil penelitian yang dicapai dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa implementasi pendidikan humanis di SDN 1 Picungeremuk dilakukan dengan cara menyesuaikan perkembangan zaman yaitu kurikulum merdeka yang mana sejalan dengan konsep pendidikan humanis (memanusiakan manusia). Pendidikan yang berpusat pada peserta didik ini sangat bermanfaat untuk menggali potensi yang dimiliki peserta didik, pada pendidikan humanis guru bertugas sebagai fasilitator yang mana harus berupaya supaya bisa mengajar dan membimbing siswa ketika berjalannya pembelajaran, dengan menggunakan metode yang menyenangkan bagi
jenjang sekolah dasar salah satunya dengan menggunakan metode make a match (menemukan pasangan soal dan jawaban) untuk melatih kekreatifan siswa dan rasa percaya diri, selain itu upaya guru PAI mengimplementasikan pendidikan humanis dengan cara melaksanakan kegiatan keagamaan rutin yang dilakukan sebelum masuk kelas yaitu diwajibkan membaca surat pendek selama 10 menit, dan melaksanakan sholat dhuha berjamaah yang dilaksanakan setiap hari jum'at dan dilanjutkan membaca surat yaasin bersama-sama. Implementasi pendidikan humanis bisa berjalan dengan lancar jika mempelajari terlebih dahulu faktor pendukung, penghambat dan solusi yang harus dilaksanakan ketika mengimplementasikan pendidikan humanis pada saat pembelajaran berlangsung.
Kata Kunci: Pendidikan Sekolah Dasar, Pendidikan Humanis, Pendidikan Agama Islam
Ketersediaan
01175IDAi01 | 011.75 IDA i | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
011.75 IDA i
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : kota tasikmalaya., 2023 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
011.75
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain