Image of IMPLEMENTASI ASAS BHINNEKA TUNGGAL IKA PADA
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP
IT IDRIDIYYAH SALOPA, KECAMATAN SALOPA 
KABUPATEN TASIKMALAYA

Text

IMPLEMENTASI ASAS BHINNEKA TUNGGAL IKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IT IDRIDIYYAH SALOPA, KECAMATAN SALOPA KABUPATEN TASIKMALAYA



Tia Sulistia Lestari. 1901192 Implementasi Asas Bhinneka Tunggal Ika pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Idristyyah Salopa Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya.
Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah konfık yang muncul dalam lingkungan sekolah yang disebabkan karena banyaknya perbedaan. Untuk itu prinsip kebhinekaan sangat penting ditanamkan kepada peserta didik, karena prinsip ini sangat menjunjung tinggi nilai perbedaan. SMP IT Idrisiyyah Salopa merupakan salah satu sekolah yang memiliki peserta didik dengan latar belakang yang cukup beragam Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami implementasi asas Bhinneka Tunggal Ika pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Idrisiyyah Salopa, faktor yang mempengaruhi implementası asas Bhinneka Tunggal Ika pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Idrisiyyah Salopa, dan hasil dari implementasi asas Bhinneka Tunggal lka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Idrisiyyah Salopa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar SMP IT Idrisiyyah,S Salopa Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Implementasi asas Bhinneka Tunggal Ika pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Idrisiyyah yang sesuai dengan Kurikulum 2013 diantaranya adalah membangun keberagam inklusif (bersalaman dengan guru ketika bertemu), membangun toleransı (menjaga kerukunan), bernalar kritis (kegiatan mingguan membaca bersama dan musyawarah dalam setiap kegiatan sekolah), beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia (kegiatan shalat dzuhur berjamaah), berkebhinekaan global (kegiatan kerja kelompok), bergotong royong (kegiatan gotong royong membersihkan sekolah) Faktor-faktor yang mempengaruhi asas Bhinneka Tunggal Ika pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu faktor keluarga, faktor lingkungan dan kemauan diri sendiri.


Kata Kunci: Implementasi, Bhinneka Tunggal Ika, SMP IT Idrisiyyah Salopa


Ketersediaan

01175TSLi01011.75 TSL iPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 TSL i
Penerbit IAI TASIKMALAYA : kota tasikmalaya.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya