Image of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERSIKLUS (CYCLE LEARNING)
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
DI SMPN 20 KOTA TASIKMALAYA

Text

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERSIKLUS (CYCLE LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMPN 20 KOTA TASIKMALAYA



Alis Nurmahmudah, NIM 19010105, JAI Taukmalaya, skripa yang berjudul PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DERSIKLUS (CYRCLE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMPN 20 TASIKMALAYA

Pendidikan agama Islam merupakan pendidikan yang amat penting yang berkenaaan dengan aspek sikap dan nilai, antara lain, akhlak dan keagamaan juga menjadi tanggung jawab keluarga, masyarakat, dan pemerintah Hakikat mata pelajaran PAI adalah disiplin ilmu pendidikan yang berlandaskan ajaran Islam, yang teon dan konsep digali dan dikembangkan melalui pemikiran dan penelitian ilmiah berdasarkan petunjuk Al-Qur'an dan As-Sunnah Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa kurang memahami pelajaran PAI dan cenderung hanya mengikuti apa yang mereka catat tanpa memahami apa yang telah mereka tulis Hal tersebut dapat dilihat dan cara belajar yang monoton dan kebiasaan meniru pekerjaan teman satu kelas yang masih sering dilakukan oleh para siswa Untuk mengatasi masalah tersebut model pembelajaran beruklus (Cyrcle Learning) adalah salah satu alternatif dari permasalahan yang terjadi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran bersiklus (Cyrcle Learningi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan exprimental design dengan rancangan One-group Pretest- Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 20 Tasikmalaya. Sampel yang digunakan dua sampel, yang dimaksud dua sampel disini adalah sampel yang sama namun mempunyai dua data yaitu data pretest dan postest. Tekik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk multiple choice dan analisis yang digunakan adalah ujit Berdasarkan hasıl analisis data pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa diterapkannya model pembelajaran bersiklus (cyrcle learning) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Hal ını dapat diketahui dari perolehan nilai bahwa sig. (2-tailed) adalah 0,000 dimana nilai sig lebih kecil dari 0,005 (0,000 < 0.05). maka Ha diterima, Ha ditolak Artinya terdapat pengaruh model pembelajarn bersiklus (cyrcle learning) terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Hormat Patuh terhadap Orang tua dan Guru di SMPN 20
Tasikmalaya

Kata Kunci: Model Pembelajaran Bersiklus (Cyrcle Learning), Hasıl Belajar.


Ketersediaan

01175ALIp01011.75 ALI pPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 ALI p
Penerbit IAI TASIKMALAYA : kota tasikmalaya.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya