Image of IMPELEMTASI ILMU TAJWID DALAM KITAB TUHFATUL
ATHFAL DI GERAKAN MAGHRIB (GEMAR) MENGAJI ANAK
DTA AL-IKHLAS SUKASIRNA INDIHIANG TASIKMALAYA

Text

IMPELEMTASI ILMU TAJWID DALAM KITAB TUHFATUL ATHFAL DI GERAKAN MAGHRIB (GEMAR) MENGAJI ANAK DTA AL-IKHLAS SUKASIRNA INDIHIANG TASIKMALAYA



Aditya Rahman Aziz, 2023: Implementasi Ilmu Tajwid Dalam Kitab Tuhfatul Athfal di gerakan Maghrib (GEMAR) Mengaji Anak DTA AL-Ikhlas Sukasirna Indihiang Tasikmalaya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi ilmu tajwid dalam kitab Tuhfatul Athfal di gerakan Maghrib (GEMAR) mengaji anak DTA Al-Ikhlas Sukasirna Indihiang Tasikmalaya, untuk menganalisis kemampuan ilmu tajwid anak DTA Al-Ikhlas Sukasima Indihtang Tasikmalaya di program gerakan Maghrib (GEMAR) inengaji, dan untuk menganalisis sikap anak DTA Al-Ikhlas Indihiang Tasikmalaya terhadap implementasi ilmu tajwid dalam kitab Tuhfatul Athfal di gerakan Maghrib (GEMAR) mengaji. Penelitian dilakukan di DTA Al-Ikhlas yang berlokasi di Kp Sukasirna RT03/RW01 Kel. Sukamaju kaler Kec. Indihiang Kota Tasikmalaya. Implementasi ilmu tajwid adalah penerapan atau pelaksanaan pembelajaran Al-Quran yang membahas tentang pengertian huruf, hak-hak huruf, maupun hukum-hukum baru yang timbul setelah hak-hak huruf dipenuhi, yang terdiri dari atas sifat-sifat huruf, hukum-hukum Madd, dan lain sebagainya. Kitab Tuhfatul Athfal adalah kitab nazham (syair) yang dikarang oleh Imam Al-Jamzuri berupa kaidah-kaidah dasar ilmu tajwid yang dirangkai dengan bait-bait syair. Gerakan Maghrib (GEMAR) mengaji adalah sebuah program untuk menumbuhkan kembali budaya membaca Al-Quran setelah shalat Maghrib. Anak DTA adalah seorang santri/santriwati yang sedang menempuh pembelajaran di lembaga pendidikan keagamaan Islam yang bersifat non-formal dimulai dari usia 8-11 tahun dengan masa belajar 4 tahun dan jumlah jam belajar minimal 18 jam pelajaran dalam seminggu. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti tentang implementasi ilmu tajwid dalam kitab Tuhfatul Athfal di gerakan Maghrib (GEMAR) mengaji anak DTA Al-Ikhlas Sukasirna Indihiang Tasikmalaya diantaranya yaitu 1) Pembelajaran ilmu tajwid dalam kitab Tuhfatul Athfal di gerakan Maghrib (GEMAR) mengaji ter-implementasi dengan baik dan berhasil dilaksanakan dengan pencapaian angka, yaitu 88%. 2) Pembelajaran ilmu tajwid dalam kitab Tuhfatul Athfal dapat meningkatkan kemampuan dan kefasihan anak dalam membaca Al-Quran Kemampuan ilmu tajwid anak DTA Al-Ikhlas yang terdiri dari 30 siswa hampir seluruhnya mengerti dan paham tentang ilmu tajwid dengan pencapaian angka, yaitu 86%. 3) Pembelajaran ilmu tajwid dalam Kitab Tuhfatul Athfal menggunakan kaidah berupa syair yang sangat digemari oleh anak-anak, terutama anak yang masih baru belajar ilmu tajwid. Sikap anak terhadap pembelajaran ilmu tajwid dalam kitab Tuhfatul Athfal hampir seluruhnya menyukai dengan pencapaian angka, yaitu 86%.

Kata Kunci: Implementasi, Ilmu tajwid, Kitab Tuhfatul Athfal.


Ketersediaan

01175ARZi01011.75 ARZ iPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 ARZ i
Penerbit IAI TASIKMALAYA : kota tasikmalaya.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya