Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM 
MENURUT IMAM AL-GHAZALI DAN PROF M. 
QURAISH SHIHEAR DI MTN BAHRUL ULUM KH. BUSTHOMI
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IMAM AL-GHAZALI DAN PROF M. QURAISH SHIHEAR DI MTN BAHRUL ULUM KH. BUSTHOMI

DEDE RONI ABDUL FATAH - Nama Orang;

Dede Roni Abdul Fatah, 1901017: IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IMAM AL-GHAZALI DAN PROF M. QURAISH SHIHEAR DI MTN BAHRUL ULUM KH. BUSTHOMI

Penelitian ini dilatar belakangi ketertarikan penulis pada Imam Al-Ghazali dan Prof. Quraish Shihab, seorang Ilmuwan Islam yang ahli tasawuf dan alılı hadist yang corak pemikirannya bersifat sufistik dan moderut. Segala sesuatu tentang ilmu pengetahuan dan pendidikan memang telah lama menjadi perhatian bagi Imam Al-Ghazali dan Prof Qurais shihab, dengan pengetahuan dan pemikiran-pemikiran yang dimiliki sangatlah mempengarulu bidang keilmuan sampai saat ini Pendidikan Islam merupakan usaha sadar yang terencana untuk menyiapkan peserta didik dalam meyakini, memakani, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau latihan, untuk itu pendidikan Islam merupakan faktor penting untuk mencetak generasi muda (peserta didik) yang beriman dan bertaqwa kepada Allah. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi konsep pendidikan islam menurut imam Al-ghazali dan Prof M. Quraish Shihab di MTs Bahrul Ulum KH. Busthomı. Maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana implementasi konsep pendidikan Islam Imam Al Ghazali dan prof. M. Quraish Shihab di MTs Bahrul Ulum KH Busthomi? "Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi konsep pendidikan Islam Imam Al Ghazali dan prof M. Quraish Shihab di MTs Balırul Ulum KH. Busthomi?
Bagaimana hasil implementasi konsep pendidikan Islam Imam Al Ghazali dan prof M. Quraish Shihab di MTs Bahrul Ulum KH Busthomi? Metodologi dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar MTs Bahrul Ulum KH. Busthomi, sumber data pada penelitian ini mencakup sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentası Observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan pembelajaran. Wawancara dilakukan dengan kepala madrasah, guru dan siswa. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui sejarah sekolah, visi-misi, keadaan guru, jumlah siswa, sarana prasarana sekolah, letak geografis sekolah dan struktur organisasi sekolah Pada teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulası. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif Berdasarkan hasil penelitian, bahwa implementası konsep pendidikan Islam Imam Al-Ghazali dan Prof. M. Quraish Shihab di MTs Bahrul Ulum KH. Busthomi, melalui lima aspek yaitu: 1) Pendidikan Keimanan 2) Pendidikan Akhlak 3) Pendidkan Akliah 4) Pendidikan Sosial 5) Pendidikan jasmaniah dan metode pembentuknya dengan cara keteteladanan, kisah, hukuman dan ganjaran telah berjalan dan dapat disimpulkan bahwa dengan implementasi konsep pendidikan Islam prespektif Imam Al- Ghazali dan Prof. M. Quraish Shihab, siswa menjadi pribadi-pribadi muslim yang bertaqwa, mencegah diri dari hawa nafsu, dan berakhlak mulia, disiplin, sportif, tanggung jawab, semangat bekerja sama, serta taat kepada Allah dan Rasul-Nya, hormat kepada orangtua dan sayang kepada sesama.
Kata kunci: Implementasi, konsep, pendidikan islam


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya 011.75 DRA i
01175DRAi01
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 DRA i
Penerbit
kota tasikmalaya : IAI TASIKMALAYA., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?