Detail Cantuman
Advanced SearchText
IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IMAM AL-GHAZALI DAN PROF M. QURAISH SHIHEAR DI MTN BAHRUL ULUM KH. BUSTHOMI
Dede Roni Abdul Fatah, 1901017: IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IMAM AL-GHAZALI DAN PROF M. QURAISH SHIHEAR DI MTN BAHRUL ULUM KH. BUSTHOMI
Penelitian ini dilatar belakangi ketertarikan penulis pada Imam Al-Ghazali dan Prof. Quraish Shihab, seorang Ilmuwan Islam yang ahli tasawuf dan alılı hadist yang corak pemikirannya bersifat sufistik dan moderut. Segala sesuatu tentang ilmu pengetahuan dan pendidikan memang telah lama menjadi perhatian bagi Imam Al-Ghazali dan Prof Qurais shihab, dengan pengetahuan dan pemikiran-pemikiran yang dimiliki sangatlah mempengarulu bidang keilmuan sampai saat ini Pendidikan Islam merupakan usaha sadar yang terencana untuk menyiapkan peserta didik dalam meyakini, memakani, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau latihan, untuk itu pendidikan Islam merupakan faktor penting untuk mencetak generasi muda (peserta didik) yang beriman dan bertaqwa kepada Allah. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi konsep pendidikan islam menurut imam Al-ghazali dan Prof M. Quraish Shihab di MTs Bahrul Ulum KH. Busthomı. Maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana implementasi konsep pendidikan Islam Imam Al Ghazali dan prof. M. Quraish Shihab di MTs Bahrul Ulum KH Busthomi? "Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi konsep pendidikan Islam Imam Al Ghazali dan prof M. Quraish Shihab di MTs Balırul Ulum KH. Busthomi?
Bagaimana hasil implementasi konsep pendidikan Islam Imam Al Ghazali dan prof M. Quraish Shihab di MTs Bahrul Ulum KH Busthomi? Metodologi dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar MTs Bahrul Ulum KH. Busthomi, sumber data pada penelitian ini mencakup sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentası Observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan pembelajaran. Wawancara dilakukan dengan kepala madrasah, guru dan siswa. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui sejarah sekolah, visi-misi, keadaan guru, jumlah siswa, sarana prasarana sekolah, letak geografis sekolah dan struktur organisasi sekolah Pada teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulası. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif Berdasarkan hasil penelitian, bahwa implementası konsep pendidikan Islam Imam Al-Ghazali dan Prof. M. Quraish Shihab di MTs Bahrul Ulum KH. Busthomi, melalui lima aspek yaitu: 1) Pendidikan Keimanan 2) Pendidikan Akhlak 3) Pendidkan Akliah 4) Pendidikan Sosial 5) Pendidikan jasmaniah dan metode pembentuknya dengan cara keteteladanan, kisah, hukuman dan ganjaran telah berjalan dan dapat disimpulkan bahwa dengan implementasi konsep pendidikan Islam prespektif Imam Al- Ghazali dan Prof. M. Quraish Shihab, siswa menjadi pribadi-pribadi muslim yang bertaqwa, mencegah diri dari hawa nafsu, dan berakhlak mulia, disiplin, sportif, tanggung jawab, semangat bekerja sama, serta taat kepada Allah dan Rasul-Nya, hormat kepada orangtua dan sayang kepada sesama.
Kata kunci: Implementasi, konsep, pendidikan islam
Ketersediaan
01175DRAi01 | 011.75 DRA i | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
011.75 DRA i
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : kota tasikmalaya., 2023 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
011.75
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain