Image of UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
SISWA SDN SINDANGSARI KEC. JATIWARAS KAB. TASIKMALAYA

Text

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA SDN SINDANGSARI KEC. JATIWARAS KAB. TASIKMALAYA



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalius prestasi belajar pendidikan agama islam dan bodi pekerti siswa SDN Sindangsari. Penelitian dilakukan di SDN Sindangsari yang berlokasi di Kp. Sindangsari RT04/RW02 Desa Ciwarak Kec. Jatiawaras Kab. Tasikmalaya Upaya guru adalah suatu aktivitas guru yang di lakukan dalam rangka membimbing, mendidik, mengajar dan melakukan transfer of konowledge kepada anak didik sesuai dengan kemampuan dan keprofesionalan yang dimiliki. Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam adalah apa yang telah dicapai olch siswa setelah melakukan kegiatan belajar, namun basıl belajar tersebut yang merujuk pada aspek aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentari. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti tentang Upaya Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa SDN Sindangsari Kec. Jatiwaras Kab Tasikmalaya diantaranya yaitu Temuan penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan proses belajar melalui bimbingan aspek kognitif sirwa di SDN Sindangsari dilaksanakan dengan cara klasikal dalam mengajar, memberikan motivasi kepada siswa sebelum mulai pembelajaran, menyampaikan materi dengan memakai metode ceramah dan tanya jawab, memakai bahan pengajaran dari buku pelajaran dan LKS, memberikan tugas (evaluası) kepada siswa, untuk aspek afektif cara yang digunakan adalah langsung menegur dan menaschati siswa yang berbuat salah dan memakai metode teladan, sedangkan untuk aspek psikomotorik memakai metode demonstrasi dan tidak melakukan bimbingan belajar setiap belajar, hanya saja disesuaikan dengan materı, misalnya asmaul husna aspek psikomotorik juga dilakukan ketika hendak mengadakan acara dan program salat dhuha. Prestasi belajar siswa SDN Sindangsarı dilihat darı perbandingan perolehan nilai PAIBP siswa kelas 5 sebesar 83,38 melebihi nilai KKM PAIBP yang ditetapkan sekolah yaitu 75,00, dan nilai terschut lebih tinggi dari mata pelajaran lainnya. Dan secara keseluruhan nilai PAIBP dari kelas 1-6 yaitu 97,4, lebih tinggi dari mata pelajaran lainnya. Dan SDN Sindangsari selalu mewakilkan siswanya dalam perlombaan-perlombaan bidang PAI dan selalu masuk rangking tiga besar Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru sudah berhasil meningkatkan prestasi PAIBP siswa kelas 5 SDN Sindangsan Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya.

Kata kunci: Upaya Guru, Prestasi belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekertı.


Ketersediaan

01175DIAu01011.75 DIA uPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 DIA u
Penerbit IAI TASIKMALAYA : kota tasikmalaya.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya