Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of IMPLEMENTASI METODE MANHAJI DALAM
PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN
MATERI AL-QUR'AN HADITS KELAS V MI CITAMPERAS
KECAMATAN SUKARATU KABUPATEN TASIKMALAYA
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI METODE MANHAJI DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI AL-QUR'AN HADITS KELAS V MI CITAMPERAS KECAMATAN SUKARATU KABUPATEN TASIKMALAYA

SILPI NOER SAADAH - Nama Orang;

Silpi Noer Saadah. 1901025, IMPLEMENTASI METODE MANHAJI DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI AL QUR'AN HADITS KELAS V MI CITAMPERAS KECAMATAN SUKARATU KABUPATEN TASIKMALAYA.

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa pada materi Al-Qur'an Hadits Kelas V MI Citamperas Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya, pada proses belajar terdapat beberapa siswa yang belum bisa mengartıkan ayat perkata dan belum bisa memahami isi kandungan ayat. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsıkan bagaimana penerapan Metode Manhaji sebagai peningkatan pemahaman pada pembelajaran Al-Qur'an Hadits siswa kelas V MI Citamperas. Studi ini dimaksudkan untuk mengetahui Implementasi Metode Manhajt pada pembelajaran Al-Qur'an Hadits serta untuk mengetahui masalah yang dialami dalam penerapan Metode Manhaji. Metode Manhajı adalalı Metode Memahami Al- Qur'an secara bertahap mulai dari Juz 1, II, III, dan IV Pencetus Metode Manhaji yaitu Muhammad Anas Adnan beliau lahir pada tanggal 6 Maret 1946 di desa Blimbing, Lamongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau yang lebih dikenal dengan Classroom Action Research Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri darı 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observası, dan 3) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas V MI Citamperas yang berjumlah 23 orang dan objek ini adalah pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an Hadits dengan menggunakan Metode Manhaji Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits pada materi surah Al-Bayyinah dan surah Al-Humazah dengan menggunakan Metode Manhaji dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas V MI Citamperas Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa yaitu pada Prasiklus, siklus I dan sıklus II Persentase ketuntasan siswa pada prasiklus yaitu 30 43%, siklus I yaitu 60.87% dan siklus II meningkat menjadi 82.60% (Meningkat 21.73%). Data hasil tes tersebut menunjukkan bahwa Metode Manhaji dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits. Sehingga tidak perlu melanjutkan ke siklus berikutnya karena Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan persentase ketuntasan telah tercapai.

Kata Kunci. Metode Manhaji, Pemahaman Materi & Al-Qur'an Hachis


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya 011.75 SNS i
01175SNSi01
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 SNS i
Penerbit
: IAI TASIKMALAYA., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?