Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of ANALISIS NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA
DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER HAMAS
(HIMPUNAN AKTIVIS MASJID ASSALAM) DAN 
IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Penanda Bagikan

Text

ANALISIS NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER HAMAS (HIMPUNAN AKTIVIS MASJID ASSALAM) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

DEVI LESTARI - Nama Orang;

Devi Lestari 1901179 Analisis Nilai-Nilas Moderasi Beragana dalam Kegiatan Ekstrakurikuler ILAMAS (Himpunan Aktivis Masjid Assalam) dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Penclitian di SMAN 5 Kota Tasikmalaya) Skripsi Tasikmalaya Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Tasikmalaya (JAIT), 2023

Penelitian ini bertitik tolak dari kerangka berfikir bahwa hadirnya moderasi beragama di Indonesia merupakan salah satu argumen penting, mengingat peserta didik di sekolah-sekolah sangat beragam dan multikultural Tujuan penelitian im adalah (1) Untuk mengetahui nilai-nilai moderasi beragama yang ada pada kegiatan ekstrakurikuler HAMAS (Himpunan Aktivis Masjid Assalam) di SMAN 5 Kota Tasikmalaya (2) Untuk mengetahui relevansi nilai-nilai moderasi beragama pada kegiatan ekstrakurikuler HAMAS (Himpunan Aktivis Masjid Assalam) di SMAN 5 Kota Tasikmalaya dengan Pendidikan Agama Islam (3) Untuk mengetahui implikasi nilai-nilai moderasi beragama pada kegiatan ckstrakurikuler HAMAS (Himpunan Aktivis Masjid Assalam) di SMAN 5 Kota Tasikmalaya terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi, dimana peneliti mempelajari bagaimana pola kehidupan dilaksanakan serta bagaimana tingkah laku manusianya, tentang apa yang dikatakan dan dikerjakan, sebagai hasıl bagaimana manusia mengartıkan kehidupannya. Sedangkan untuk metode penelitian, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelti memberikan gambaran atau mendeskripsikan hasil pengamatan yang diperoleh dari data yang terkumpul kemudian dianalisa dan menjelaskan dengan kata-kata, peristiwa, kegiatan Kesimpulan dari penelitian ini adalah Nilai-nilai moderasi yang terdapat pada kegiatan ekstrakurikuler HAMAS (Himpunan Aktivis Masjid Assalam) di SMAN 5 Kota Tasikmalaya adalah nilai tawassut (pertengahan), syura (musyawarah), tasamuh (toleransi), islah (kedamaian), tawazun (keseimbangan) Relevansi nilai-nilai tersebut sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam, nilai-nilai tersebut juga ditanamkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam disekolah. Implikasi nilai-nilai moderası beragama dalam kegiatan ekstrakurikuler HAMAS (Himpunan Aktivis Masjid Assalam) terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam, diantaranya adalah para aktivis HAMAS cenderung lebih aktif dalam pembelajaran PAI di kelas, memiliki toleransi yang tinggi, dan paham batasan toleransi beragama, memiliki keseimbangan dalam pola pikir dengan tidak bersikap ekstrim dan anti kekerasan, tidak hanya mementingkan ilmu akhirat saja tetapi ilmu dunia juga, dan mampu menjadi tedalan yang baik (qudwah) untuk para siswa lainnya.

Kata Kunci: Moderasi beragama, Implikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya 011.75 DEV a
01175DEVa01
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 DEV a
Penerbit
: IAI TASIKMALAYA., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?