Detail Cantuman
Advanced SearchText
ETIKA MURID KEPADA GURU PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI DALAM KITAB BIDAYATUL HIDAYAH SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Anggi Nurhasanah, 2001011, Etika Murid kepada Guru Persfektif Kitab Bidayatul Hidayah Karya Imam Al-Ghazali serta Relevansinya dengan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah
Latat belakang yang dikaji dalam penelitian ini yaitu adanya fenomena kemerosotan etika dalam dunia pendidikan terutama etika seorang murid kepada guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan adanya fakta yang terjadi menambah kuat bahwa etika dalam dunia pendidikan mengalami masalah yang serius jika tidak segera berbenah Salah satu referensi yang bisa digunakan untuk membenahinya adalah kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Al- Ghazali Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui etika murid dalam kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Al-Ghazali dan untuk mengetahui apakah isi kitab Bidayatul Hidayah terutama tentang etika murid kepada guru serta relavansinya dengan pembelajaran pendidikan Agama Islam di Madrasalı Ibtidaiyah Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, sementara untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi atau Content Analysis. Hasil penelitian ini mengenai analisis etika murid secara umunı Diantaranya, taat kepada guru memberi salam, memberikan perhatian, tidak mencari kekurangan, tidak menjelekan, mendoakan, tidak memotong perkataan, lemah lembut, meminta izin, rendah hati kepada guru, duduk yang baik, jangan mudah marah dan berburuk sangka, meminta maaf dan berterima kasih kepada guru Lalu menganalisis isi kitab Bidayatul Hidayah dan menganalisis tiga belas etika murid yaitu menghormati guru dan mengucapkan salam terlebih dahulu, tidak berbicara sebelum ditanya begitupun sebaliknya, tidak menyangkal ucapan guru, tidak bergurau, tidak menyela saat guru berbicara, dan tidak berburuk sangka terhadap guru Kemudian etika murid kepada guru dalam kitab Bidayatul Hidayah masih sangat relevan dengan. pendidikan Islam. Hal ini terbukti dengan adanya kesesuaian maksud penerapan etika yang ada dalam kitab dengan tujuan pendidikan Islam serta dengan metode pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah.
Kata Kunci: Etika, Guru, Murid, Bidayatul Hidayah, Pembelajaran
Ketersediaan
01175ANGe01 | 011.75 ANG e | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
011.75 ANG e
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : ., 2024 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
011.75
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain