Image of ANALISIS NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM
PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN KITAB
TANBIHUL GHOFILIN KARYA AL-FAQIH ABU LAITS
AS-SAMARQANDI)

Text

ANALISIS NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN KITAB TANBIHUL GHOFILIN KARYA AL-FAQIH ABU LAITS AS-SAMARQANDI)



"Tanbihul Ghafilin adalah sebuah kitab yang berisi ujaran ujaran para sahabat dan hadist hadist Rasulullah SAW tentang syan'at. Kitab ini ingin mengajak setiap muslim untuk menjadi manusia secara total, dalam pandangan Allah dan manusia, melalui sentuhan akhlak tasawuf Penclitian ini terfokus pada nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Ghafilin Hal ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa posisi nilai-nilai akhlak dalam pendidikan islam mulai tergeser. Karenanya perlu adanya kajian mengenai pendidikan akhlak yang dianggap mampu inenganggulangi permasalahan tersebut. Selain itu, dalam penelitian ini juga akan merelevansikan nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Ghafilin.

Penelitian ini merumuskan masalahnya dan bertujuan hendak mengetahui (1) Bagaimana nilai-nilai kehidupan dalam kitab Tanbihul Ghafilin karangan Syekh Abu Laits As Samarqandi ? (2) Bagaimana perspektif nilai-nilai khiduapan dalam kitab Tanbihul Ghofilin karangan Syekh Abu Laits As Samarqandi dalam pendidikan Islam?

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reasearch) penulis berusaha mengkaji nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada dalam kitab Tanbihul Ghafilin. Teknik pengumpulan datanya adalah menggali bahan-bahan pustaka yang koheren dengan obyek pembahasan yang dimaksud. Apapun metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif deskriftif. Sedangkan analisa data dalam penelitian ini memakai analisis isi kualitatif deskriftif. Sedangkan analisa data dalam penelitian ini memakai analisis isi (content anaysis) yaitu suatu metode yang menggunakan teknik sistematik untuk menganalisis isi pesan dan mengolah pesan

Dari penelitian yang dilakukan, memunculkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab "Tanbilin" adalah ikhlas, anır ma'ruf nahi munkar, taubat, shilaturahmi, larangan minuman khamr, menggunjing, adu domba, dengki, sombong, larangan tertawa, menahan amarah, penjagaan lisan, dilarang rakus dan panjang angan-angan, sabar,di larang zina, di larang menganiaya, rahmat dan kasih sayang, takut kepada Allah, dzikir kepada Allah, tasbih, syukur, tawakkal kepada Allah, wara', malu, 'ujub, ramah tamah, tafakkur, ridha, menyantuni anak yatim. (2) Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam itab Tanbihul Ghafilin karya Al faqih Abu Laith As Samarqandi dengan pendidikan karakter. Sikap ikhlas, taubat, takut kepada Allah, dzikir kepada Allah, do"a, tasbih, tawakkal, ridha relevansi nilai pendidikan karakter sikap religious. Nilai pendidikan akhlak sikap larangan berdusta, ghibah, namimah, dengki relevansi nilai pendidikan karakter sikap jujur, Nilai pendidikan akhlak sikap Amar ma'ruf nahi munkar, shilaturahmi, menyantuni anak yatim relevansi pendidikan karakter sikap toleransi Nilai pendidikan akhlak sikap syukur relevansi nilai pendidikan karakter sikap mandiri. Nilai pendidikan akhlak Kasih sayang, ramah tamah, Kasih sayang, Amr ma'ruf nahi munkar, menyantuni anak yatim relevansi nilai pendidikan karakter sikap peduli sosial.

Kata Kunci: Akhlak, Pendidikan Islam, Tanbihul Ghafilin.


Ketersediaan

01175ROHa01011.75 ROH aPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 ROH a
Penerbit IAI TASIKMALAYA : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya