Detail Cantuman
Advanced SearchText
PENERAPAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEWUJUDKAN SIKAP TOLERANSI (TELAH TAFSIR Q.S AL-MUMTAHANAH: 8-9)
Neng Siti Samrotul Fuadah 1901045. Pencrapan Nilai-Nilal Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama Islam Untuk Mewujudkan Sikap Toleransi (Telaah Tafsir Q.S Al-Mumtahanah:8-9)
Bangsa kita terdiri dari beragam suku, etnis, agama, bahasa dan budaya. Umat beragama pada saat ini menghadapi problematika baru bahwa konflik Agama sebagai fenomena nyata. Karena hal tersebut umat beragama harus menemukan titik persamaan, bukan mencari perbedaan yang ada pada akhirnya jatuh pada konflik sosial. Hal ini sangat bersesuaian dengan tafsir QS Al-Mumtahanah yang terdapat pada ayat 8-9. Adapun tujuan peneliti ini untuk 1) mengetahui nilai-nilai moderasi beragama yang terdapat pada tafsir QS Al-Mumtahanah ayat 8-9. 2) untuk mengetahui sikap toleransi yang terdapat pada tafsir QS Al-Mumtahanah ayat 8-9. 3) untuk mengetahui penerapan model nilai-nilai moderasi beragama dalam pendidikan Agama Islam menurut tafsir QS Al-Mumtahanah ayat 8-9. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (Library research) Metode pengumpulan datanya yakni dengan sumber data primer dan sekunder data primer yang digunakan adalalı alquran, tafsir, artikel, jurnal dan internet, data sumber sekunder yang di gunakan adalah buku, jurnal dan internet yang berisikan hasil dari permasalahan yang menjadi objek kajian peneliti. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa. 1) Nilai-Nilai moderasi beragama yang terdapat pada tafsir Q.S Al-Mumtahanah ayat 8-9 ad alah tetaplah berbuat baik karna dalam ajaran Agama Islam mengajarkan kepada penganutnya untuk bersikap terbuka, lapang dada, toleran dan mampu menerima perbedaan dan kemajemukan. Pada dasarnya karakter dasar dari ajaran Agama Islam adalah as- samhalı wa at-tasamuh atau disebut juga dengan mudah atau mempermudah dan tidak bersifat ekstrem. 2) Sikap toleransi yang terdapat pada tafsir Q.S Al- Murntahnah ayat 8-9 adalah membebaskan orang lain dalam menjalankan keyakinan dan tidak mengatur kehidupan mereka masing-masing selama tidak bertentangan dengan kedamaian dan ketertiban dalarn masyarakat. 3) Menerapkan model nilai-nilai moderasi beragama dalam pendidikan Agama Islam menurut tafsir Q.S Al-Mumtahanah ayat 8-9 adalah. Dalam dunia pendidikan nilai-nilai moderasi akan banyak dilaksanakan pada pendidikan karakter. Pendidikan karakter sendiri memiliki makna lebih tinggi dari pendidikan moral, karena pendidikan karakter tidak hanya berkaitan dengan masalah benar atau salah, tetapi begaimana menanamkan kebiasaan tentang hal-hal yang baik dalam kehidupan.
Kata Kunci: Moderasi Beragama, Pendidikan Agama Islam, Sikap Toleransi.
Ketersediaan
01175NSSp01 | 011.75 NSS p | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
011.75 NSS p
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : ., 2023 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
011.75
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain