Image of PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
TERHADAP PENINGKATAN BUDAYA KERJA 5S (SEIRI, SEITON,
SEIKETSU DAN SHITSUKE) DALAM MEMPERSIAPKAN SISWA 
DI SMK NEGERI 2 KOTA TASIKMALAYA

Text

PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TERHADAP PENINGKATAN BUDAYA KERJA 5S (SEIRI, SEITON, SEIKETSU DAN SHITSUKE) DALAM MEMPERSIAPKAN SISWA DI SMK NEGERI 2 KOTA TASIKMALAYA



Nurjanah, Rena 2023. Peran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekem terhadap Peningkatan Budaya Kerja 55 (Seiri. Selton, Seina. Setkettu dan Shitsuke) dalam Mempersiapkan Siswa Siap Kerja di SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat pengangguran lulusan Sekolah SMK masih paling tinggi. Dan salah satu penyebabnya adalahlı belum siapuya lulusan SMK untuk memasuki budaya kerja di Industri Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai peran Mapel PAI dan Budi Pekerti terhadap peningkatan Budaya Kerja 55 (Seiri (keteraturan). Seiton (kerapihan) Seiso (kebersihan), Seiketsu (kepatuhan) dan Shitsuke (kedisiplinan) dalam memepersiapkan siswa siap kerja Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan survei penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik observasi, penulis langsung datang ke sekolah meneliti dan mewawancarai narasumber. Teknik wawancara, penulis membuat pertanyaan kepada narasumber yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru PAI, Guru Dojo, Guru BK, Guru Pendidikan Pancasila, dan Siswa. Teknik dokumentasi, penulis memfoto hasil observasi dan wawancara.

sebagai bukti. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa peran PAI dan Budi Pekerti sangat berpengaruh positif dari segi pondasi keagamaan dalam peningkatan kinerja bahkan Budaya Kerja 5S. Proses dari pembiasaan nilai agama dan prinsip 58 itu harus dilakukan oleh siswa secara konsisten agar mereka terbiasa untuk melakukannya dan terbawa sampai mereka lulus dan siap untuk bekerja. Salah satu contoh implementasinya seperti sikap disiplin di sekolah yang terdapat dalam peran Shitsuke. Siswa terbiasa untuk datang pada waktunya yaitu Pukul 07.00. Dimana nantinya sikap ini menjadi sebuah kebiasaan yang akan terbawa sampai ke tempat mereka bekerja, sehingga mereka siap untuk bekerja datang tepat pada waktunya. Jadi, nilai-nilai PAI dan Budi Pekerti relevan dengan nilai-nilai yang ada di dalam prinsip budaya kerja 55.

Kata Kunci: Peran Mapel PAl dan Budi Pekerti, Budaya Kerja 5S


Ketersediaan

01175RENp01011.75 REN pPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 REN p
Penerbit IAI TASIKMALAYA : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya