Text
MODEL MIND MAPPING TIPE CASE BASED LEARNING (CBL) UNTUK MENINGKATKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN MAWARIS PADA MATA PELAJARAN PAI (STUDI PENELITIAN DI SMK NEGERI 2 KOTA TASIKMALAYA
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan gambaran umum model pembelajaran terhadap pemahaman mawaris dan peningkatan hasil model pembelajan mind mapping pada peserta didik di SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan dengan prosedur penelitian meliputi (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Aktivitas guru dan siswa selama penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada capaian pembelajaran mawaris mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan persentase aktivitas guru dan siswa pada siklus I, II, dan III. Aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 18% dan 14% yaitu dari 52% pada siklus I menjadi 70% pada siklus II dan menjadi 84% pada siklus III. Sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 21% dan 15%, yaitu dari 47% pada siklus I menjadi 68% pada siklus II dan menjadi 83% pada siklus III. Kata Kunci: PAI, CBL, Mind mapping.
Tidak tersedia versi lain