Image of PENERAPAN IRAMA JIHARKAH DAN PENGARUHNYA 
PADA PROSES MENGHAFAL JUZ 30 SISWA DINIYAH 
TAKMILIYAH AWALIYAH (DTA) MIFTAHUL HUDA 
SIRNAGALIH INDIHIANG TASIKMALAYA

Text

PENERAPAN IRAMA JIHARKAH DAN PENGARUHNYA PADA PROSES MENGHAFAL JUZ 30 SISWA DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (DTA) MIFTAHUL HUDA SIRNAGALIH INDIHIANG TASIKMALAYA



Dendi Rinaldi. 1901006. PENERAPAN IRAMA JIHARKAH DAN PENGARUHNYA PADA PROSES MENGHAFAL JUZ 30 SISWA DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (DTA) MIFTAHUL HUDA SIRNAGALIH INDIHIANG TASIKMALAYA

Penelitian ini dilatar belakangi olch banyaknya penghafal Al-Qur'an yang belum memiliki irama dalam membaca dan menghafal Al-Qur'an, guru sebagai pendidik harus mencari metode yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik Menghafal Al-Qur'an dengan menggunakan irama Jiharkah merupakn metode menghafal Al-Qur'an dengan menggunakan irama. Penelitin ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh penerapan irama jiharkah terhadap hafalan Al- Qur'an juz 30 peserta didik Diniyah Takmilıyah Awalıyah (DTA) Miftahul Huda Simagalih Indihiang Tasikmalaya

Dalam melantunkan ayat al-Qur'an para qarı kerap kali menggunakan langgam Arab atau yang lebih dikenal dengan Naghamat Al-Arahiyyah atau Nagham Arabiyyah Dalam musik Arab terdapat lebih dan 50 Naghamat Nagham-Nagham tersebut tidak hanya digunakan untuk mengalunkan ayat al- Qur'an saja tetapi syair-syair arab yang mashur Adapun maqam-maqarn yang paling mashur ada 7, yaitu Bayan, Hijaz, Shaba, Rast, Jiharkah, Shika Nahawund disingkat menjadi bihushrin jasadın Setiap irama memilikı karakternya masing masing ada yang terdengar tegas dan bersifat statis, ada yang terkesan sedih ada yang bersifat mendayu-dayu, dan karakter tersebut bagi seorang gari dapat digunakan untuk menghayati isi kandungan darı ayat yang dibaca, bagi penghafal Al-Qur'an peran irama sangat penting karena selain dari hanya hafal ayat dan surat pada Al-Qur'an irama memahami isi kandungan dan menghayati isi kandungan Al-Qur'an melalui irama juga sangat penting, banyak metode yang metode hafalan Al-Qur'an yang digunakan adalah metode Jama yaitu dengan cara bacaan Al-Qur'an yang dibaca oleh pembimbing dan diikuti oleh penghafala Al-Qur'an dengan irama Jiharkah saat proses menghafal Al- Qur'an berlangsung

Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimet desigh menggunakan bentuk one-group experiment design Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dokumentasi dan wawancara Adapun lokasi penelitianterletak di kampung pasar kaler R1 01 Rw 01 Kel Sinagalih Kec Indihiang Kota Tasıkmalaya Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan dengan melihat hasil dari nilai patred sample test dengan nilai sig (2-Tailed) 0,000 0,05 dan memiliki nilai efektifitas 61 96% sehingga siswa dapat menghafal Al-Qur'an dengan lebih mudah melalui penerapan tania Jiharkah terhadap hafalan Al-Quran Juz 30 peserta didik Dunyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) Miftahul Huda Sirnagalih Indıhiang Tasikmalaya

Kata Kunci: Irama Jiharkah, Proses menghafal Al-Qur'an Jic 30


Ketersediaan

01175DENp01011.75 DEN pPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 DEN p
Penerbit IAI TASIKMALAYA : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya