Image of IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM
MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0 DI MTS JIDRIS
ASSALAM PURBARATU LOTA TASIKMALAYA

Text

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0 DI MTS JIDRIS ASSALAM PURBARATU LOTA TASIKMALAYA



Dandi Akbar Noverra. 2023 Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Menghadapi Era Society 5.0 Di MTs Jidris Assalam Purbaratu Kota Tasikmalaya Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islanı, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Tasikmalaya

Akhlak merupakan salah satu khazanah intelektual muslun yang kehadirannya hingga saat ini semakin dirasakan Secara historis dan teologis akhlak tampil mengawal dan memandu perjalanan hidup manusia agar selamat dunia dan akhirat. Tidaklah berlebihan jika misi utama kerasulan nabı Muhammad SAW adalah untuk menyempurnakan akhlak mulia, dan sejarah mencatat bahwa faktor pendukung keberhasilan dakwah beliau antara lain karena dukungan. akhlaknya yang prima Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementası pendidikan akhlak, faktor apa saja yang menjadi penghambat dan solusi dari faktor penghambat pengimplementasian pendidikan akhlak dalam menghadapi era society 5.0 di MTs Jidris Assalam Purbaratu Kota Tasikmalaya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik dalam pengumpulan datanya adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru pendidikan akidah akhlak Hasıl penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pendidikan akhlak nya yaitu dengan kegiatan-kegiatan pembiasaan, yang dilakukan dalam bentuk harian, mingguan dan tahunan Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain membaca do'a sebelum dan sesudah pembelajaran, tadarus sebelum permebelajaran dimulai, pelaksanaan shalat dhuha Penekanan dan pengarahan pendidikan akhalak sebelum memasuki pembelaran intı disetiap mata pelajara, menanamkan sifat khusnudzon terhadap sesama antara guru dan murid, menanamkan sifat terbuka antara guru dan murid, membatasi kesenangan dan kemewahan peserta didik, menjalin kerja sama antara guru dan orang tua peserta didik, melaksanakan shalat dzuhur secara berjamaah, baca tulis quran (BTQ), kajian kitab kuning, setiap hari juniat memakai busana muslim dan melaksanakan peringatan-peringatan harı besar islam Faktor yang menjadi penghambat pengimplementasian pendidikan akhlak inı, yaitu ada 2 (dua) faktor internal adalah (dalam sekolah dan karakteristik siswa) dan faktor eksertani adalah (keluarga dan lingkungan) Solusi darı faktor penghambat pengimplementasian pendidikan akhlak dalam menghadapi era society 5.0 di MTs Jidns Assalam ini, antara lain memberikan ruang dan waktu guru mata pelajaran yang berbasis pendidikan agama islam khususnya pendidikan akhlak, memberikan SP (surat peringatan) terhadap guru, menanamkan leadership, memberikan layanan konselin.g, menanamkan sifat keterbukaan antara anak dan orang tua, selektif dalam memilih pergaulan, ingat akan orang tua, berpendirian kokoh, perbanyak kegiatan positif dan mendekatkan diri dengan agama

Kata Kunci: Implementası, Pendidikan Aklak, Era Society 5.0


Ketersediaan

01175DANi01011.75 DAN iPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 DAN i
Penerbit IAI TASIKMALAYA : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya