Image of IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM
BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN PAI
TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI 
SMP IT HIDAYATUL ULUUM

Text

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN PAI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP IT HIDAYATUL ULUUM



SABIQ RUHIYAT 1901096. IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM
BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI TERHADAP
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP IT HIDAYATUL ULUUM
Latar belakang dari pertanyaan penelitian ini adalah terdapat beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk memperbaiki berbagai permasalahan pembelajaran PAI. Satu hal yang dapat dilakukan guru sebagai fasilitator adalah memilih cara belajar yang tepat Berbagai model pembelajaran telah banyak digunakan, namun model pembelajaran yang menghubungkan materi dengan realita yang terjadi di lingkungan sekitar dan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa ketika menghadapi masalah yang dihadapi masih belum banyak digunakan. Model pembelajaran berbasis masalah (PBL) merupakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir pemecahan masalah siswa Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pendidikan agama Islam dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL).
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi lapangan dalam konteks SMP IT Hidayatul Uluum. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan catatan. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu menginterpretasikan data yang diperoleh dalam bentuk kalimat. Pengecekan keabsahan data dengan melakukan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan model pembelajaran berbasis problem based learning di SMP IT Hidayatul Uluum untuk meningkatkan kemampuan berpikir pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu selain menyiapkan perangkat pembelajaran atau administrasi guru seperti RPE (Rencana Pekan Efektif), program tahunan, program semester, Silabus, RPP dll. Tetapi juga harus melakukan pemilihan bahan Pembelajaran dengan baik, yang sesuai dengan Kriteria mata pelajaran seperti materi yang memuat banyak pertanyaan yang terjadi di sekitar siswa, yang bersifat familiar, materi ajar yang diminati banyak orang, materi ajar yang juga relevan dengan kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa dan terakhir sesuai dengan minat siswa (2)Pelaksanaan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran PAI di SMP IT Hidayatul Uluum dilaksanakan dengan beberapa tahapan diantaranya; a) menyampaikan tujuan pembelajaran, b) mengorganisasi siswa untuk belajar seperti membagi kelompok jika menugaskan pekerjaan kelompok, c) membimbing siswa dengan pengalaman individual atau kelompok pada saat proses penyelesaian masalah d) membantu siswa dalam mengembangkan dan menyajikan hasil karya e) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan maslah. Dan juga mengadakan pelatihan- pelatihan untuk guru dalam membuat skenario masalah beserta solusinya, mengadakan latihan secara langsung kepada masyarakat atau praktek lapangan. (3)Evaluasi Problem Based Learning pada mata pelajaran PAI di SMP IT Hidayatul Uluum, tidak hanya menilai dengan satu teknik saja melainkan 3 aspek yang ditilainya dan juga lebih mengarah pada proses perkembangan peserta didik Penilaian tersebut diamati dari aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap.


Ketersediaan

01175SABi01011.75 SAB iPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 SAB i
Penerbit IAI TASIKMALAYA : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya