Image of IMPLEMENTASI NILAI DAKWAH DALAM QS AN-NAHL
AYAT 125 UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM DI POLITEKNIK (POLTEL) LP31 KAMPUS TASIKMALAYA

Text

IMPLEMENTASI NILAI DAKWAH DALAM QS AN-NAHL AYAT 125 UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI POLITEKNIK (POLTEL) LP31 KAMPUS TASIKMALAYA



Saepudin, Aep, 2023." Implementasi Nilat Dakwah Dalam Qs An-Nahl Ayat 125 Untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Politeknik (Poltek) LP31 Kampus Tasikmalaya"'

Hasil Penelitian Adalah : 1) Nilai Dakwah yang terkandung dalam Q.S surat Nahl ayat 125 pada konteks Pembelaajran pendidikan Agama Islam adalah: Pertama, bahwa pendidikan yang terkandung dalam surat An-Nahl ayat 125 adalah pendidikan Tauhid (Keimanan). Kedua, Terdapat metode pendidikan Agama islam yaitu: a) Metode Hikmah (perkataan yang bijak), adalah metode yang mencakup seluruh kecerdasan emosional, intelektual dan spiritual dan pengaplikasiannya dalam pendidikan Islam. b) Metode Mau'idhzah Hasanah (aasehat yang baik) adalah memberi nasihat, atau memberi pelajaran yang baik, mencakup targhib dan tarhib dengan perkataan yang lemah lembut dan penuh dengan keikhlasan. c) Metode Jidal (debat/diskusi) adalah metode diskusi atau bukti-bukti yang memetahkan alasan atau dalil mitra diskusi dan menjadikannya tidak dapat bertahan 2) Implementasi nilai dakwah dalam QS An-Nahl pada pembelajaran pendidikan Islam di Poltek LP31 Tasikmalaya berdasarkan temuan peneliti terdapat dalam tiga aspek: a) Implementasi dalam Aspek Pembelaajran Pendidikan Agama Islam yang terbagi menjadi dua pola yaitu pola pembelajaran klasikal di kelas dan pola pembelajaran di luar kelas dengan kegiatan mentoring kelompok di luar kampus b) Implementasi dalam Aspek Tujuan dan Ruang Lingkup Pembelajaran Pendidikan Agama yaitu tujuan pembelajaran pendidikan agama islam di LP31 yang menjadi ciri khas mahasiswa adalah membentuk mahasiswa yang bukan hanya soleh tetapi harus mampu menjadi muslih (mensolehkan orang lain) dengan berdakwah keluar kampus mengajak masyarakat sekitar untuk aktif dalam kegiatan dakwah. Begitu juga nilai-nilai ruang lingkup agama islam tersebut dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam di LP31 dengan cara mengenalkan dan mengajarkan bacaan Al-Quran kepada mahasiswa dan menganjurkan senantiasa membaca Al-Quran (tilawah). c) Implementasi dalam Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yaitu: (1) Metode Hikmah, yaitu mahasiswa dapat meniru tingkah laku, perkataan, atau perbuatan dosen. Selain itu metode hikmah diterapkan dalam pembelajaran dakwah kepada Masyarakat. Para mahasiswa mengikuti program OPL (Orientasi Pesantren dan Lingkungan) atau OML (Orientasi Masjid dan Lingkungan) yang sasarannya adalah ınasjid sekitar kampus agar mahasiswa mampu berdakwah menggunakan metode hikmah (2) Metode mauidoh hasanah diterapkan dalam beberapa jenis Pertama, Nasehat atau petuah, Kedua, Bimbingan, pengajaran (pendidikan), Ketiga, Wasiat (pesan-pesan positif). (3) Metode Mujadalah billatu hiya ahsan, metode Al-Mujadalah diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Poltek LP31 Tasaikmalaya, hal tersebut dapat berupa bertukar pendapat antara Dosen PAI dengan mahasiswa secara sinergis. Tukar pendapat tersebut tidak menyebabkan konflik atau permusuhan antara satu sama lain.

Kata kunci: Implementasi, QS An-Nahl, ayat 125 Pembelajaran PAI di Politeknik LP31 Kampus Taikmalaya


Ketersediaan

01175AEPi011.75 AEP iPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 AEP i
Penerbit IAI TASIKMALAYA : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya