Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of IMPLEMENTASI NILAI DAKWAH DALAM QS AN-NAHL
AYAT 125 UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM DI POLITEKNIK (POLTEL) LP31 KAMPUS TASIKMALAYA
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI NILAI DAKWAH DALAM QS AN-NAHL AYAT 125 UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI POLITEKNIK (POLTEL) LP31 KAMPUS TASIKMALAYA

AEP SAEPUDIN - Nama Orang;

Saepudin, Aep, 2023." Implementasi Nilat Dakwah Dalam Qs An-Nahl Ayat 125 Untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Politeknik (Poltek) LP31 Kampus Tasikmalaya"'

Hasil Penelitian Adalah : 1) Nilai Dakwah yang terkandung dalam Q.S surat Nahl ayat 125 pada konteks Pembelaajran pendidikan Agama Islam adalah: Pertama, bahwa pendidikan yang terkandung dalam surat An-Nahl ayat 125 adalah pendidikan Tauhid (Keimanan). Kedua, Terdapat metode pendidikan Agama islam yaitu: a) Metode Hikmah (perkataan yang bijak), adalah metode yang mencakup seluruh kecerdasan emosional, intelektual dan spiritual dan pengaplikasiannya dalam pendidikan Islam. b) Metode Mau'idhzah Hasanah (aasehat yang baik) adalah memberi nasihat, atau memberi pelajaran yang baik, mencakup targhib dan tarhib dengan perkataan yang lemah lembut dan penuh dengan keikhlasan. c) Metode Jidal (debat/diskusi) adalah metode diskusi atau bukti-bukti yang memetahkan alasan atau dalil mitra diskusi dan menjadikannya tidak dapat bertahan 2) Implementasi nilai dakwah dalam QS An-Nahl pada pembelajaran pendidikan Islam di Poltek LP31 Tasikmalaya berdasarkan temuan peneliti terdapat dalam tiga aspek: a) Implementasi dalam Aspek Pembelaajran Pendidikan Agama Islam yang terbagi menjadi dua pola yaitu pola pembelajaran klasikal di kelas dan pola pembelajaran di luar kelas dengan kegiatan mentoring kelompok di luar kampus b) Implementasi dalam Aspek Tujuan dan Ruang Lingkup Pembelajaran Pendidikan Agama yaitu tujuan pembelajaran pendidikan agama islam di LP31 yang menjadi ciri khas mahasiswa adalah membentuk mahasiswa yang bukan hanya soleh tetapi harus mampu menjadi muslih (mensolehkan orang lain) dengan berdakwah keluar kampus mengajak masyarakat sekitar untuk aktif dalam kegiatan dakwah. Begitu juga nilai-nilai ruang lingkup agama islam tersebut dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam di LP31 dengan cara mengenalkan dan mengajarkan bacaan Al-Quran kepada mahasiswa dan menganjurkan senantiasa membaca Al-Quran (tilawah). c) Implementasi dalam Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yaitu: (1) Metode Hikmah, yaitu mahasiswa dapat meniru tingkah laku, perkataan, atau perbuatan dosen. Selain itu metode hikmah diterapkan dalam pembelajaran dakwah kepada Masyarakat. Para mahasiswa mengikuti program OPL (Orientasi Pesantren dan Lingkungan) atau OML (Orientasi Masjid dan Lingkungan) yang sasarannya adalah ınasjid sekitar kampus agar mahasiswa mampu berdakwah menggunakan metode hikmah (2) Metode mauidoh hasanah diterapkan dalam beberapa jenis Pertama, Nasehat atau petuah, Kedua, Bimbingan, pengajaran (pendidikan), Ketiga, Wasiat (pesan-pesan positif). (3) Metode Mujadalah billatu hiya ahsan, metode Al-Mujadalah diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Poltek LP31 Tasaikmalaya, hal tersebut dapat berupa bertukar pendapat antara Dosen PAI dengan mahasiswa secara sinergis. Tukar pendapat tersebut tidak menyebabkan konflik atau permusuhan antara satu sama lain.

Kata kunci: Implementasi, QS An-Nahl, ayat 125 Pembelajaran PAI di Politeknik LP31 Kampus Taikmalaya


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya 011.75 AEP i
01175AEPi
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 AEP i
Penerbit
: IAI TASIKMALAYA., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
TESIS
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?