Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA
IMRANMENURUT AL-QUR'AN SURAT ALI IMRAN
AYAT 33-37 SERTA REVELANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN
(Studi Di SMP Islam Khotimah Tasikmalaya)
Penanda Bagikan

Text

KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA IMRANMENURUT AL-QUR'AN SURAT ALI IMRAN AYAT 33-37 SERTA REVELANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN (Studi Di SMP Islam Khotimah Tasikmalaya)

ADE NANAR NAORI PERMANA - Nama Orang;

Nanar, Ade, 2023 Konsep Pendidikan Anak Dalam Keluarga Imran Menurut Al-Qur'an Surat Ali Imran Ayat 33-37 Serta Relevansinya Dengan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Sn.di di SMP Islam Husnul Khotimah Tasikmalaya)" Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Tasikmalaya Pembimbing 1. Dr. Dedi Retno, M. Ag, Pembimbing 11 Dr. Rifyal Lutfi, M.Pd
Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah merupakan pendidikan yang memberikan pengetahuan, keterampilan, dan membentuk sıkap serta pribadi peserta didik agar dapat mengamalkan ajaran agama Islam dengan benar Al-Quran merupakan sumber Pelajaran PAI salah satunya adalah QS Ali-Imran ayat 33-37 tentang Pendidikan anak dalam keluarga Imran.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mengetahui konsep Pendidikan anak dalam keluarga Imran dalam surat Ali-Imran Ayat 33-37, Pembelaajran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Husnul Khotimah dan Implikasi konsep Pendidikan anak dalam surat Ali Imran ayat 33-37 terhadap pembelajaran Pendidikan agama islam di SMP Islam Husnul Khotimah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif
Hasil penelitian ini adalah 1) Konsep Pendidikan Anak dalam Keluarga Imran Menurut Al-Qur'an Surat Ali Imran ayat 33 37 dibangun dengan beberapa hal a) Landasan mendidik anak adalah Allah (Kitab Suci) dan ajaran Nabinya b) Harus memiliki tujuan, dan tujuan mendidik anak adalah agar menjadi hamba Allah yang tant. c) Materi yang digunakan oleh keluarga dalam mendidik anaknya setidaknya ada empal materi yaitu (1) Pendidikan Keimanan, (2) Pendidikan Akhlak, (3) Pendidikan kesabaran d) Proses perencanaan dan pelaksanaan pendidikan anak harus direncanakan sejak dini bahkan sejak dalam kandungan e) Pendidik haru sbenar orang yang soleh berakhlak baik sehingga dapat menjadi teladan bagı anak f) Murid harus memiliki karakter yang baik dan semagat serta motivasi yang tinggi untuk menjadi anak yang soleh g) Metode dalam mendidik anak yaitu metode ceramah, metode nasehat, metode diskusi, metode musyawarah dan metode keteladanan h) Lingkungan pendidikan anak harus didekatkan dengan rumah shadah ymtu masjid agar menjadi pusat kegiatan Pendidikan keagmaan dan didekatkan juga dengan lingkungan Islami dan orang-orang yang baik. 2) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Husnul Khotimah Tasikmalaya dilaksanakan dalam dua kegiatan yaitu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kegitan Intrakulikuler yaitu pembelajaran di dalam kelas dan pembelajaran Pendidikan agama islam pada kegaıtan ekstrakulikuler yaitu di luar keals seperti pembiasaan agama yang meliputi pembacaan asmaul husna, sholat dluha, tadarus al quran, membaca doa, sholat dluhur berjamaah, sholat jumat berjamaah, program bimbingan membaca al quran, dan program keputrian 3) Konsep Pendidikan Anak dalam Keluarga Imran menrut Al-Quran surat Ali Imran ayat 33-37 relevan dengan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Husnul Khotimah dalam beberapa aspek yaitu relevan dengan aspek Tanggung Jawab Pendidikan anak, aspek Perencanaan, Tujuan, dan Pelaksanaan Pembelajaran, aspek metode pembelajaran, aspek materi pembelajaran (Kurikulum) dan Evaluasi Pembelajaran, aspek Pendidik/guru dan peserta didik/siswa dan aspek Lingkungan Pendidikan.

Kata kunci: Konsep Pendidikan Anak, QS Ali Imran ayat 33-37, Relevansi, Pembelajaran PAI.


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya 011.75 ADE k
01175ADEk
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 ADE k
Penerbit
: IAI TASIKMALAYA., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
TESIS
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?