Detail Cantuman
Advanced SearchText
KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA IMRANMENURUT AL-QUR'AN SURAT ALI IMRAN AYAT 33-37 SERTA REVELANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN (Studi Di SMP Islam Khotimah Tasikmalaya)
Nanar, Ade, 2023 Konsep Pendidikan Anak Dalam Keluarga Imran Menurut Al-Qur'an Surat Ali Imran Ayat 33-37 Serta Relevansinya Dengan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Sn.di di SMP Islam Husnul Khotimah Tasikmalaya)" Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Tasikmalaya Pembimbing 1. Dr. Dedi Retno, M. Ag, Pembimbing 11 Dr. Rifyal Lutfi, M.Pd
Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah merupakan pendidikan yang memberikan pengetahuan, keterampilan, dan membentuk sıkap serta pribadi peserta didik agar dapat mengamalkan ajaran agama Islam dengan benar Al-Quran merupakan sumber Pelajaran PAI salah satunya adalah QS Ali-Imran ayat 33-37 tentang Pendidikan anak dalam keluarga Imran.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mengetahui konsep Pendidikan anak dalam keluarga Imran dalam surat Ali-Imran Ayat 33-37, Pembelaajran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Husnul Khotimah dan Implikasi konsep Pendidikan anak dalam surat Ali Imran ayat 33-37 terhadap pembelajaran Pendidikan agama islam di SMP Islam Husnul Khotimah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif
Hasil penelitian ini adalah 1) Konsep Pendidikan Anak dalam Keluarga Imran Menurut Al-Qur'an Surat Ali Imran ayat 33 37 dibangun dengan beberapa hal a) Landasan mendidik anak adalah Allah (Kitab Suci) dan ajaran Nabinya b) Harus memiliki tujuan, dan tujuan mendidik anak adalah agar menjadi hamba Allah yang tant. c) Materi yang digunakan oleh keluarga dalam mendidik anaknya setidaknya ada empal materi yaitu (1) Pendidikan Keimanan, (2) Pendidikan Akhlak, (3) Pendidikan kesabaran d) Proses perencanaan dan pelaksanaan pendidikan anak harus direncanakan sejak dini bahkan sejak dalam kandungan e) Pendidik haru sbenar orang yang soleh berakhlak baik sehingga dapat menjadi teladan bagı anak f) Murid harus memiliki karakter yang baik dan semagat serta motivasi yang tinggi untuk menjadi anak yang soleh g) Metode dalam mendidik anak yaitu metode ceramah, metode nasehat, metode diskusi, metode musyawarah dan metode keteladanan h) Lingkungan pendidikan anak harus didekatkan dengan rumah shadah ymtu masjid agar menjadi pusat kegiatan Pendidikan keagmaan dan didekatkan juga dengan lingkungan Islami dan orang-orang yang baik. 2) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Husnul Khotimah Tasikmalaya dilaksanakan dalam dua kegiatan yaitu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kegitan Intrakulikuler yaitu pembelajaran di dalam kelas dan pembelajaran Pendidikan agama islam pada kegaıtan ekstrakulikuler yaitu di luar keals seperti pembiasaan agama yang meliputi pembacaan asmaul husna, sholat dluha, tadarus al quran, membaca doa, sholat dluhur berjamaah, sholat jumat berjamaah, program bimbingan membaca al quran, dan program keputrian 3) Konsep Pendidikan Anak dalam Keluarga Imran menrut Al-Quran surat Ali Imran ayat 33-37 relevan dengan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Husnul Khotimah dalam beberapa aspek yaitu relevan dengan aspek Tanggung Jawab Pendidikan anak, aspek Perencanaan, Tujuan, dan Pelaksanaan Pembelajaran, aspek metode pembelajaran, aspek materi pembelajaran (Kurikulum) dan Evaluasi Pembelajaran, aspek Pendidik/guru dan peserta didik/siswa dan aspek Lingkungan Pendidikan.
Kata kunci: Konsep Pendidikan Anak, QS Ali Imran ayat 33-37, Relevansi, Pembelajaran PAI.
Ketersediaan
01175ADEk | 011.75 ADE k | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
011.75 ADE k
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : ., 2023 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
011.75
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain