Detail Cantuman
Advanced SearchText
INTEGRASI NILAI ISLAM MODERAT DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Gununggadung Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya)
Sidik, Nu'man. 2023. Integrasi Nilai Islam Moderat dan Implikasinya Terhadap pendidikan Karakter (Studi Kasus di MI Gununggadung Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya). Tesis Program Studi Magister pendidikan agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Tasikmalaya pembimbing: (1) Dr. Abdul Haris, M.Pd (2) Dr. H Karna Husni, M.Pd.
Moderat adalah suatu sikap dalam berbagai aspek kehidupan yang meliputi aspek akidah, ketuhanan, hubungan sosial dengan manusia, aspek peribadatan yang mengantarkan manusia untuk melaksanakan aktivitas yang tidak menyimpang dari ketetapan yang telah disepakati atau ditetapkan sebelumnya baik secara vertikal (hablum minallah) maupun horizontal (hablum minnaas). Islam adalah agama yang mengajarkan sikap-sikap yang moderat, sebagai salah satu upaya untuk mencegah ekstremisme dalarn dunia pendidikan nilai-nilai Islam moderat dapat diintegrasikan sejak dıni dalam penanaman karakter dı Madrasah Ibtidaiyah.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan analisis dan deskripsi terkait integrası nilai Islam moderat dalam pendidikan karakter di MI Gununggadung Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya, dengan sub foskus sebagai berikut: (1) nilai-nilai Islam moderat dan implikasinya dalam program Panca karakter, (2) Implikasi penerapan Panca Karakter terhadap pemahamn moderası beragama dan keberagaman peserta didik
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan studi kasus Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, observası partisipatif, dan dokumentasi Teknik analisis data yang digunakan adalalı reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikası. Pengecekan dan keabsahan data atau temuan penelitian dilakukan dengan cara triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan meningkatkan ketekunan pengamatan. Informan penelitian adalah kepala Madrasalı, tenaga pendidik dan peserta didik
Hasil penelitian menunjukan baliwa (1) Nilai Islam moderat diterapkan dalam pendidikan karakter melalui program Lima Karakter, integrasi tersebut dilakukan dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler Implementasi tersebut diterapkan dalam pembelajaran di dalam kelas, di luar kelas dan di dalam kegiatan ekstrakurikuler dengan penanaman lima karakter (2) Implikasi dari penerapan Lima Karakter ini adalah sebagian besar output dari Ml Gununggadung memiliki sikap yang moderat seperti toleran, religius, inklusif, peduli sosial, dan cinta terhadap tanah air Indonesia.
Kata Kunci Islam Moderat, Pendidikan Karakter, Panca Karakter
Ketersediaan
01175NUMi | 011.75 NUM i | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
011.75 NUM i
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : ., 2023 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
011.75
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain