Image of PERAN DAN TANTANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA 
ISLAM DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI RELIGIUS 
PESERTA DIDIK PASCA PANDEMI COVID-19
(Studi Kasus Di SDN Sindanggalih Kota Tasikmalaya)

Text

PERAN DAN TANTANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK PASCA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Di SDN Sindanggalih Kota Tasikmalaya)



Akmaliah, Dini, 2023. "Peran Dan Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Nilai-Nilai Religius Peserta Didik Pasca Pandemi Covid 19" (Studi Kasus Di SDN Sindanggalih Kota Tasikmalaya)". Tesis, Program Pascasarjana Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Tasikmalaya. Pembimbing Utama Dr. Dedi Ratno, M.Ag. Anggota Dr. Abdul Haris, M.Pd
Faktor utama yang menentukan pembangunan bangsa dan negara adalah pendidikan. Pemerintah Indonesia memprioritaskan pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan manusia. menjadi hak setiap anak di negara ini untuk mendapatkan pendidikan dari guru formal atau non-formal. Pendidikan memiliki tujuan yang sangat penting karena akan memberikan arah kepada suatu proses, yaitu usaha pendidikan dengan sadar untuk mencapai tujuan. Pendidikan Islam, yang merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional, pada dasarnya bertujuan untuk membuat orang-orang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI pasca pandemi, bagaimana peran guru PAI dalam menumbuhkan nilai-nilai religius peserta didik, dan bagaimana tantangan guru PAl dalam menumbuhkan nilai-nilai religius peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriftip analitik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode analisis interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga komponen yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan.
Hasil Penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan pembelajaran PAI pasca pandemi covid-19 di SDN Sindanggalih Kota Tasikmalaya adalah memakai tiga kegiatan di dalamnya yaitu: a) Kegiatan awal yaitu menyiapkan siswa secara fisik dan psikis, memberi motivasi dan memberi pertanyaan-pertanyaan materi sebelumnya dengan mengaitkan dengan materi yang akan dibahas menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. b) Kegiatan inti yaitu menyampaikan materi dengan metode dan media yang sudah disiapkan, memberi tugas dan penguat kepada siswa. c) Kegiatan akhir yaitu memberi kesimpulan, mengevaluasi siswa terhadap materi yang telah disampaikan dan menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. 2) Peran Guru PAI dalam menumbuhkan nilai-nilai religius peserta didik adalalı a) Sebagai edukator, b) Sebagai pengajar, c) Sebagai pembimbing, d) Sebagai motovator, e) Sebagai teladan, f) Sebagai evaluator. 3) Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan nilai-nilai religius peserta didik di SDN Sindanggalih Kota Tasikmalaya pasca pandemic covid 19 adalah: a) Kurangnya interaksi antara guru dan siswa selama pembelajaran tatap muka berlangsung. b) Motivasi belajar siswa masih menurun imbas belajar mandiri secara daring di rumah. c) Saat proses belajar berlangsung, siswa tidak berkonsentrasi sehingga tidak tercipta partisipasi dan umpan balik atau respon dalam proses belajar. d) Karakter siswa yang kurang baik. c) Budaya pembiasaan keagamaan yang ditanamkan oleh sekolah sedikit memudar, siswa melupakan budaya tersebut dan bersikap cuek di lingkungan sekolah.

Kata kunci: Peran, Tantangan, Guru PAI, Nilai Religius, Pasca Pandemi Covid-19


Ketersediaan

01175DINp011.75 DIN pPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 DIN p
Penerbit IAI TASIKMALAYA : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya