Detail Cantuman
Advanced SearchText
INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIIDKAN ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH (Studi Penelitian di MAN 7 Tasikmalaya)
Iwan Ruhimat :"Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Menumbuhkan Moderasi Beragama di Sekolah (Studi Kasus di MAN 7 Tasikmalaya)"
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya hasil penelitian yang menunjukkan tingkat radikalisme dikalangan pelajar masih sangat tinggi. Salah satunya adalah hasil penelitian PPIM yang mengungkapkan bahwa angka radikalisme belum sepenuhnya hilang dari masyrakat terlebih dilingkungan pendidikan. Mayoritas dari mereka, jika merujuk hasil penelitian tersebut, masih memiliki pandangan keagamaan yang intoleran atau radikal.
Tujuan penelitaa ini adalah untuk mengetahui sikap toleransi dikalangan siswa. Sesuai dengan rumusan masalah yang diajukan.yaitu strategi menumbuhkan moderasi beragama.melalui internalisasi nilai-nilai agama di MAN 7 Tasikınalaya. Selain itu, juga untuk menjadi referansi daları memaksimalkan peran Pendidikan Agama Islam dan mengembangkan sikap toleransi serta mencegah ideologi yang tak sesuai.
Adapun kerangka pemikiran yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori mengenai Pendidikan Agama Islam dan moderasi beragama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif- analitik yang berkaitan dengan objek dilapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi internalisasi nilai-nilai agama dalam menumbuhkan sikap moderasi beragama di MAN 7 Tasikmalaya dilakukan melalui tahapan perencanaan dan pelaksanaan. Selain itu, pelaksanaannya dilakukan melaui kegiatan pembelajaran maupun kegiatan ekstrakurikuler dengan proses transformasi nilai, transaksi nilai dan transintermalisasi nilai. Hasil dari strategi yang diterapkan tersebut adalah adanya sikap saling mengerti, sikap saling menolong, menghargai pendapat orang lain dan juga keberanian dalam inenyampaikan pendapat yang dilakukan siswa.
Kata Kunci: Internalisasi, Nilai, Pendidikan Islam, Moderasi Beragama
Ketersediaan
01175IWAp | 011.75 IWA p | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
011.75 IWA p
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : ., 2023 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
011.75
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain