Image of PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI
PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN
KECERDASAN SPIRITUAL SISWA
(Studi di Madrasah Ibtidaiyah Rahayu Tamansari Kota Tasikmalaya)

Text

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA (Studi di Madrasah Ibtidaiyah Rahayu Tamansari Kota Tasikmalaya)



Jamaludin, 2023. "Penggunaan Media Pembelajaran Teknologi Informasi Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa (Studi Di Madrasah Ibtidaiyah Rahayu Tamansari Kota Tasikmalaya)" Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Tasikmalaya Pembimbing Utama Dr Rifyal Luthfi M.R,M. Pd I dan Anggota Dr. H.Asep Arsyul M.LC.M.A
Tujuan pembelajaran Akidah Akhlak di madrasah, sejalan dengan dakwah Nabi Muhammad SAW, yang mendidik akıdah dan menanamkan akhlak mulia Apabila hatı telah terdidik dengan baik maka selanjutnya kesadaran spiritual akan menjelma dalam perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam Pembelajaran akıdah akhlak yang efektif dan efisien, kondusif, nyaman akan mempercepat pemahaman peserta didik sehingga nilai-nilai spiritual akan juga tertanam dengan sendirinya karena pemahaman yang mendalam. Diantara media untuk mempercepat pemahaman siswa adalah pemanfaatakn teknologi informasi dalam pembelajaran khususnya pembelajaran akidah akhlak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran akidah aklılak, Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam pembelajaran akidah akhlak, implikasi pemanfaatan Teknologi Informasi dalam pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di MI Rahayu Tamansari Kota Tasikmalaya
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriftif analitik. Hal ını dikarenakan penelitian ini berusaha memaparkan realitas yang ada tanpa memerlukan data yang berupa angka-angka (kualitatif) dan berusaha menggambarkan suatu keadaan beserta segala aspeknya dalam rangka pemberian informasi scjelas-jelasnya kepada peneliti
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa 1) Pembelajaran Akidah Ahlak di Madrasah Ibtidaiyah Rahayu Tamansari Kota Tasikmalaya menggunakan kurikulum 2013 dengan menggunakan tiga tahapan yaitu tahap perencanaan yang diisi oleh penyusunan RPP, Silabus, Promes, Prota, dan lain-lain, kemudian tahap pelaksanaan yang terdiri dari pemilihan media, metode, strategi, inovası pembelajaran dan terakhir adalah tahap evaluasi baik evaluasi harian, bulanan dan semesteran. 2) Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Rahayu Tamansari Kota Tasikmalaya sudah cukup baik meskipun belum merata kepada sernua mata pelajaran. Beberapa media TIK yang digunakan oleh Madrasah Ibtidaiyah Rahayu Tamansari Kota Tasikmalaya adalah laptop, proyektor, LCD, dan Salon aktif 3) Pembelajaran Akidah Akhlak Menggunakan Teknologi Informasi memiliki implikasi yang signifikan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Rahayu Tamansari Kota Tasikmalaya. Kecerdasan spiritual yang tertanam dalam diri peserta didik diantaranya adalah: a) Bertambahnya Nilai Keimanan peserta didik, b) Meningkatnya nilai Nilai Ketakwaan (Ibadah) peserta didik c) Tumbuhnya Nilai- nilai Akhlak dalam diri peserta didik seperti Adab berkomunikasi, Jujur dan Bertanggung Jawab, Budaya antrı, Saling menghargai, dan disiplin

Kata kunci: Media, Teknologi Informasi, Pembelajaran Akidah Akhlak


Ketersediaan

01175JAMp011.75 JAM pPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 JAM p
Penerbit IAI TASIKMALAYA : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya