Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of STRATEGI ALTERNATIF PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM
PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU
UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA
(Studi Penelitian Di SLB Winaya Bhakti Cibalong)
Penanda Bagikan

Text

STRATEGI ALTERNATIF PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA (Studi Penelitian Di SLB Winaya Bhakti Cibalong)

WISMAYATI - Nama Orang;

Wismayati (21201010), Strategi Alternatif Pembelajaran Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Untuk Meningkatkan Kesadaran Beragama (Studi Penelitian Di SLB Winaya Bhakti Cibalong)

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti tertarik untuk mengamati permasalahan yang ada yaitu bagaimana pembelajaran agama islam pada anak berkebutuhan khusus tunarungu di SLB Winaya Bhakti Cibalong, apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam proses pembelajaran agama islam melalui strategi alternatif ABK tunarungu untuk meningkatkan kesadaran beragama di SLB Winaya Bhakti Cibalong, dan bagaimana pemaparan strategi alternatif pembelajaran PAI anak berkebutuhan khusus tunarungu dalam meningkatkan kesadaran beragama di SLB Winaya Bhakti Cibalong. Adapun tujuan penelitian nya yaitu mengetahui pembelajaran agama islam pada anak berkebutuhan khusus tunarungu di SLB Winaya Bhakti Cibalong, mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam proses pembelajaran agama islam melalui strategi alternatif ABK tunarungu untuk meningkatkan kesadaran beragama di SLB Winaya Bhakti Cibalong, dan mengetahui pemaparan strategi alternatif pembelajaran PAI anak berkebutuhan khusus tunarungu dalam meningkatkan kesadaran beragama di SLB Winaya Bhakti Cibalong. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini yaitu Interaksi antara Guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga menghasilkan suatu proses kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Metodologi dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik tunarungu, orang tua siswa, guru Pendidikan agama islam dan beberapa karyawan di SLB Winaya Bhakti Cibalong. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam tersebut meliputi strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran tidak langsung yang dilaksanakan melalui beragam metode dan Teknik pembelajaran. Pembelajaran agama islam pada anak berkebutuhan khusus tunarungu disesuaikan dengan kemampuannya, strategi pembelajarann alternatif yang digunakan oleh guru yaitu mengunakan metode gambar dan menggunakan bahasa isyarat untuk menyampaiakan materi kepada peserta didik supaya mereka lebih memahami materi yang disampaikan, faktor penghambat dan faktor pendukung dalam proses pembelajaran agama islam melalui strategi alternatif ABK tunarungu untuk meningkatkan kesadaran beragama di SLB Winaya Bhakti Cibalong yaitu peran orang tua yang turut membantu proses belajar peserta didik di rumah. Sedangkan faktor penghambat yaitu konsisi fisik anak tunarungu, itu sendiri karena kekurangan yang mereka miliki membuat mereka kesulitan dalam menerima apa yang disampaikan oleh guru, sehingga guru memberikan materi disesunikan dengan peserta didik.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Tunarungu, Pendidikan Agama Islam


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya 011.75 WIS s
01175WISs
Tersedia
#
Perpus STAI Tasikmalaya 011.75 WIS s
01175WISs01
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 WIS s
Penerbit
: IAI TASIKMALAYA., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
TESIS
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?