Image of EFEKTIVITAS PENERAPAN PEER EDUCATION 
METODE SILSILAH QURANUNA TERHADAP CAPAIAN IBADURROHMAN TASIKMALAYA
(Studi Penelitian di Kelas VII Pondok Pesantren Tahfidhul Quran Ibadurrohman Tasikmalaya)

Text

EFEKTIVITAS PENERAPAN PEER EDUCATION METODE SILSILAH QURANUNA TERHADAP CAPAIAN IBADURROHMAN TASIKMALAYA (Studi Penelitian di Kelas VII Pondok Pesantren Tahfidhul Quran Ibadurrohman Tasikmalaya)



Syahid Abdul Qodit Thohir (2023), "Efektivitas Penerapan Peer Education Metode Sitilah Quranuna terhadap Capaian Tahfidz Santri Kelas VII Pondok Pesantren Ihadurrohman Tasikmalaya" Magister Pendidikan Agama Islam fostitut Agama Islam Tasikmalaya

Penelitian ini membahas efektivitas penerapan peer education metode Silsilah Quranuna terhadap capaian tahfidz santri kelas VII Pondok Pesantren Ibadurrohman Tasikmalaya pada tahun ajaran tan 2021/2022 dengan mencakup permasalahan penditian pada 1) Bagaimana Efektivitas Penerapan Pect Eshicarion di Pondok Pesantren Ibe Jurrohman Tasikmalaya?, 2) Bagaimana penerapan metode Silsilah Quranuna di Pondok Pesantren badurrohman Tasikmalaya, dan 3) Bagaimana efektifitas penerapan peer education metode Silsilah Quranuna pada santui kelas VII Pondok Pesantren Ibadurrohman Tasikmalaya terhadap capaian tahfidz yang diperoleh, dan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan penerapannya? Dengan tujuan penelitian 1) Untuk mendeskripsikan Efektivitas Penerapan Peer Education di Pondok Pesantren Ibadumohman Tasikmalaya, 2) Untuk mendeskripsikan penerapan metode Silsilah Quranuna di Pondok Pesantren Ibadurrohman Tasikmalaya, dan 3) Untuk mendeskripsikan kondisi objektif capaian tahfidz santri kelas VII Pondok Pesantren Ibadurrohman Tasikmalaya dan untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan penerapan peer education metode Silsilah Quranuna Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dalam setu standar kompetensi (SK) Hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian tahfidz santri kelas VII Pondok Pesantren Ibadurrahman pada semester 1 TA 2021/2022 pada siklus 1 sebesar 47,62% yang telalı mencapai target juz 1 Sedangkan pada semester 2 TA 2021 2022 pada sıklus 2, dengan menggunakan peer education metode Sılsılah Quranuna, capaian tahfidz santri kelas VII PPTQ lbadurrahman sebesar 75,36% yang telah mencapai target juz 2. Ini berartı adanya kenaikan sebesar 27.74% setelah penerapan peer education metode Silsilah Quranuna. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan peer education menggunakan metode Silsilah Quranuna dianggap efektif untuk meningkatkan capaian tahfid: santri kelas VII Pondok Pesantren Ibadurrahman

Kata Kunci: Efektivitas, Peer Education, Metode Silsilah Quranuna, Capaian Tahfidz


Ketersediaan

01175SAQe011.75 SAQ ePerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 SAQ e
Penerbit IAI TASIKMALAYA : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya