Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA
(Analisis Deskriptif Kualitatif di Kelas 3 SD Islam Terpadu Ibadurrohman Tasikmalaya)
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA (Analisis Deskriptif Kualitatif di Kelas 3 SD Islam Terpadu Ibadurrohman Tasikmalaya)

Nelda Ladaena Agkia - Nama Orang;

Nelda Ladaena Agkia. 2023. Efektifitas Pengembangan Metode Ummi dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al Qur'an Siswa Kelas 3 di SD Islam Terpado Thadurrohman Tasikmalaya.

Presentase buta aksara Al-Qur'an di Indonesia pada tahun 2023 mencapai 58,57% Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam seharusnya Masyarakat memiliki tingkat kemampuan membaca Al-Qur'an yang lebih tinggi Metode ummi kemudian hadir dengan komitmen menuntaskan masalah buta huruf Al-Qur'an. Dengan menawarkan 10 jilid dengan materi berbeda menjadi salah satu pokok pembelajaran metode ummi.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui pembelajaran Al-Qur'an di SD Islam Terpadu Ibadurrohman Tasikmalaya. 2) mengetahui pengembangan pembelajaran Al-Qur'an melalui metode ummi yang diterapkan di SD Islam Terpadu İbadurrohman Tasikmalaya. 3) mengetahui efektifitas pengembangan metode ummi di SD Islam Terpadu Ibadurrohman Tasikmalaya dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an. 4) mengetahui faktor penghambat dan pendukung pembelajaran metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, obsevari, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model interaktif yang dikembangkan Miles, Huberman dan saldana.

Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) pembelajaran Al-Qur'an di SD Islam Terpadu Ibadurrohman Tasikmalaya menggunakan metode abatatsa dan beralih dengan metode unui sejak 2018 sampai dengan sekarang. Pembelajaran Al-Qur'an tahun ajaran 2022/2023 menjadi 2 kategori yaitu, tartil Al-Qur'an metode ummi dan tahfidz Al-Qur'an. 2) pengembangan metode ummı yang diterapkan di SD Islam Terpadu Ibadurrohman cukup memenuhi kebutuhan bagi siswa dan sekolah karena dalam metode ummi langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil serta kaidah-kaidah dalam ilmu tajwid, serta dalam pembelajarannya pun terdapat 7 tahapan yang harus dilakukan oleh guru agar anak-anak mudah mengerti dan mudah memahami. 3) efektifitas pengembangan metode ummi di SD Islam Terpadu Ibadurrohman dalam pelaksanaannya cukup berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an karena pembelajarannya sistematis dan sesuai dengan kebutuhan. Keefektifitasan untuk di kelas 3 dikatakan sudah mencapai target dengan pencapaian target 7 orang siswa dari 80 orang. 4) faktor hambatan dalam pembelajaran metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur'an siswa yang paling besar adalah faktor orang tua yang kurang mendukung belajar ketika di rumah, sedangkan faktor pendukung yang paling besar adalah guru yang kompoten, kerjasama antara orang tua, dan minat belajar siswa.

Kata kunci: efektifitas, pengembangan, metode ummi, kemampuan membaca Al- Qur'an


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya 011.75 NLA e
01175NLAe
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 NLA e
Penerbit
: IAI TASIKMALAYA., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
TESIS
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?