Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SDN
SUKAMENAK 3 KOTA TASIKMALAYA
Penanda Bagikan

Text

MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SDN SUKAMENAK 3 KOTA TASIKMALAYA

AZIZ SAFARWADDI - Nama Orang;

Safarwaddi, Azız 2023 "Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SD N Sukamenak 3 Kotc Tasikmalaya." Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Tasikmalaya. Pembimbing I. Dr. H. Kholis M, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. Rifyal Luthfi MR, M.Pd.I.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mengingat pentingnya pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah negeri apalagi di usia anak-anak dalam rangka menciptakan dan menanamkan karakter religius siswa. Maka Sekolah Dasar Negeri 3 Kota Tasikmalaya mencoba menerapkan suasana religius untuk meningkatkan karakter siswa-siswinya
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Pendidikan Agama Islam, untuk mengetahui realitas implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan untuk mengetahui dampak pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa SD N Sukamenak 3 Kota Tasikmalaya
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analitik Hasil penelitian ini menunjukan bahwa. Pertama, Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter siswa di SD N Sukamenak 3 Kota Tasikmalaya bila dilihat dari rumpunnya adalah rumpun perilaku. Kemudian kalau dilihat dari materi yang disampaikan terdapat dua model yang diterapkan. a), model pembelajaran berpusat pada guru, b) model pembelajaran berpusat pada siswa Kedua, Implementasi Model Kooperatif yang diterapkan adalah Student Teams Achievementa Devisions (STAD), Jigsaw, Snowball Throwing, Learning Together. Sedangkan Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dilaksanakan melalui 6 tahap Kernudian Implementasi Pembelajaran PAI dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui tiga tahapan yaitu: a) Memberi pemahaman secara teori (Moral Knowing) b) Mengadakan Kegiatan Keagamaan (Moral Loving), c) Menciptakan suasana religious (Moral Doing). Selain hal tersebut, metode lain yang diterapkan untuk menanamkan karakter religius yaitu dengan pembiasaan, keteladanan, serta hadiah dan hukuman. Terakhir peneliti menemukan metode yang diterapkan seperti Rasulullah SAW yaitu metode lingkaran, metode ceramah dan metode perumpamaan Ketiga, Dampak model pembelajarannya yaitu siswa menjadı aktif, tidak kagetan, menjadi lebih berprestasi, lebih mudah untuk mencari informasi. Selain hal tersebut siswa diharapkan mampu untuk mengamalkan ajaran agamanya secara sempurna (kaffah) dalam kehidupan sehari-hari. Dampak dari model pembelajaran Kooperatif dan Berbasis Masalah dalam pembentukan karakter religious siswa tentunya mencakup nilai dari ajaran agama itu sendiri yakni nilai ilahiyah dan nilai insaniyah.

Kata Kunci Model Pembelajaran PAI. Pembelajaran Kooperatif dan Berbasis Masalah, Karakter Religius Siswa


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya 011.75 AZI m
01175AZIm
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 AZI m
Penerbit
: IAI TASIKMALAYA., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
TESIS
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?