Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM DI KELUARGA DAN SEKOLAH TERHADAP SPIRITUAL WELL BEING PESERTA DIDIK DI MA NURUSSALAM CIWARAK
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM DI KELUARGA DAN SEKOLAH TERHADAP SPIRITUAL WELL BEING PESERTA DIDIK DI MA NURUSSALAM CIWARAK

LALA LATIPAH - Nama Orang;

Lala Latipah, S.Pd.I, 2023 Pengaruh Pendidikan Agama Islam di Keluarga dan Sekolah Terhadap Spiritual Well Being Peserta Didik di MA Nurussalam Tesis Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Pasca Sarjana Institut Agama Islam Tasikmalaya. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Rifyal Luthfi, M.Pd
(2) Dr. Dedi Retno, M.S.I
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam di kelurga, Pendidikan Agama Islam di sekolah, Spiritual Well Being

Studi ini difokuskan pada penelitian tentang Spiritual Well Being yang dihubungkan dengan Pendidikan Agama Islam di keluarga dan sekolah yang bertempat di Madrasah Aliyah Nurussalam. Hal ini dilakukan karena ada beberapa hal yang menarik dalam sekolah tersebut yang berhubungan dengan Spiritual Well Being dan Pendidikan Agama Islam seperti pembiasaan shalat berjamaa'ah, pembiasaan salam tegur sapa, pembiasaan hidup bersih dan sehat, pembiasaan membaca al-Qur'an setiap hari. Dan yang paling penulis minati adalah adanya wadah untuk memperbaiki kualitas spiritual siswa yaitu bengkel Shalat, Perkemahan Arofah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis:
1) Menganalisis pengertian pendidikan Islam di keluarga dan Sekolah.
2) Menganalisis Spritual wellbeing peserta didik di Madrasah Aliyah Nurussalam Ciwarak
3) Menganalisis Pengaruh Pendidikan Agama Islam di Keluarga dan Sekolah terhadap Spiritual Well Being di Madrasah Aliyah Nurussalam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory, karena peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner yang dikembangkan olehh Elisson. Angket tersebut terdiri atas 20 item, 10 item untuk aspek yaitu religion Well Being dan 10 item untuk existential well Being. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda (multiple regression) dengan bantuan program SPSS versi 16.0.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh Pendidikan Agama Islam di keluarga terhadap Spiritual Well Being peserta didik di MA Nurussalam Pasirparigi Ciwarak Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya yang dijelaskan dengan hasil nilai signifikansi t-test yang mempunyai besaran 0,004 (2) Terdapat pengaruh pendidikan Agama Islam di sekolah terhadap Spiritual well Being peserta didik di MA Nurussalam yang dijelaskan dengan hasil nilai signifikansi t-test yang mempunyai besaran 0,000 (3) Terdapat pengaruh pendidikan agama Islam terhadap Spiritual Well Being peserta didik di keluarga dan sekolah yang dijelaskan dengan nilai F hitung 20.991 Islam di lingkungan keluarga dan di sekolah terhadap Spiritual well Being peserta didik sebesar 30,20% dan 60,80% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain selain kedua variabel tersebut sebagaimana yang ditunjukkan oleh hasil Uji Anova yang mempunyai besaran R Square sebesar 0,302.
Dengan demikian, pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga dan di sekolah secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh terhadap Spiritual well Being peserta didik. Sehingga sudah menjadi keharusan bagi para pendidik baik di lingkungan keluarga, maupun di sekolah untuk selalu memperhatikan pendidikan agama Islam yang diberikan guna memenuhi Spiritual well Being (kesejahteraan spiritual) dalam beragama.


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya 011.75 LAL p
01175LALp
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 LAL p
Penerbit
: IAI TASIKMALAYA., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
TESIS
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?