Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MANDIRI (INDEPENDEN LEARNNING) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH
(Penelitian Di Kelas X Madrasah Aliyah Terpadu Ar-Rahman Nasol Cikoneng Ciamis)
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MANDIRI (INDEPENDEN LEARNNING) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH (Penelitian Di Kelas X Madrasah Aliyah Terpadu Ar-Rahman Nasol Cikoneng Ciamis)

ACEP ANWAR - Nama Orang;

Anwar, Acep, 2023 "Implementasi Pembelajaran Mandiri (Independen Learnning) Dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Siwa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Penelitian Di Kelas X Modrasah Aliyah Ferpahı Ar-Rahman Nasol Cikoneng Coma) Tesis, Program Pascasarjana Program Studi Magisteı Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Tasikmalaya Pembimbing Utama Dr. H. Dedi Retno, M.Ag. Anggota Dr Rifyal, M.Ag
Rendahnya kemandirian belajar pada pembelajaran fikih yang dilaksanakan dari ofline (tatap muka) ke online (daring) kemudian dari online (daring) ke ofline (tatap muka) membuat peserta didik semakin malas dan tidak mernperhatikan pembelajaran di sekolah. Setiap siswa tentunya memiliki kemandirian belajar yang berbeda-beda karena ada siswa yang rajın memiliki inisiatif tinggi untuk belajar, naniun ada juga siswa yang malas dan tidak memiliki inisiatif untuk belajar fikih.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pernbelajaran fikih, Pelaksanaan pembelajaran mandiri, dan iniplikasi pembelaajian mandırı terhadap hasil belajar siswa di kelas X MA Ar-Rahmah Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriftif.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa 1) Pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Ar-Rahmah Nasol Cikoneng Ciamis rnenggunakan kurikulum 2013 (kurtilas) yang terdiri dari tiga tahapan Pertama, Perencanaan pembelajaran dengan membuat silabus dan RPP yang didalamnya mencakup inengidentifikasi dan mengelompokkan kompetensi yang ingin dicapai, membuat materi yang akan diajarkan, menentukan metode, media, strategi dan inovasi yang akan digunakan dan merencanakan penilaian Kedua Pelaksanaan dengan melakukan tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap uiti dun tahap penutupan Ketiga Evaluasi Pada tahap ini, guru Fikih memberikan penguatan atau kesimpulan dari pelajaran sebelumnya baru mengevaluasi pelajaran. Evaluan yang dilaksanakan berupa evaluası proses dan evaluasi hasıl belajar. 2) Pelaksanaan kegiatan belajar mandiri pada mata pelajaran fikih di kelas X Madrasah Aliyah Ar-Rahman Nasol Cikoneng Ciamis dapat dilihat dari delapan indikator yaitu inisiatif belajar, mendiagnosa kebutuhan belajar, merumuskan tujuan belajar, memandang kesulitan sebagai tantangan, memanfaatkan teknologi dan mencari sumber yang relevan, memilih dan menerapkan strategi belajar, mengevaluasi proses hasil belajar, dan kepercayaan diri Kedelapan indikator tersebut berdasarkan temuan peneliti sudah tercapai cukup maksimal 3) Terdapat implikasi kemandirian belajar terhadap hasıl belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas X di Madrasah Aliyah Ar-Rahman Nasol Cikoneng Ciamis a) Peningkatan kemauan dan ketrampilan siswa dalam proses belajar tanpa bantuan orang lain, sehingga hasil belajar menjadi baik. b) Siswa menjadi mandırı karena dengan belajar mandiri siswa akan mampu mencari sumber belajar yang dibutuhkanya sehingga hasil belajarnya bagus. c) Memberikan pengalaman tersendiri sehingga menjadi semakin hati-hati dalam belajar dan mendapatkan hasil belajar yang bagus d) Memunculkan sikap inisiatif, kreatif, berfikir secara logis, ulet, progresif, penuh apresiasi dan mereka akan berusaha sendiri dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah dan belajar sendiri, sehingga apa yang telah diperoleh akan mampu meningkatkan kompetensinya dan hasıl belajarnya tecapai secara optimal.

Kata kunci: Implementasi, Belajar mandiri, Mapel Fikih, Implikasi, Hasil Belajar Siswa.


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya 011.75 ACE i
01175ACEi
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 ACE i
Penerbit
: IAI TASIKMALAYA., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
TESIS
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?