Detail Cantuman
Advanced SearchText
DASAR-DASAR ILMU PENDIDIKAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Pengertian Pendidikan
B. Ilmu Pendidikan sebagai Disiplin Ilmu
1. Ilmu Pendidikan sebagai Ilmu Normatif
2. Ilmu Pendidikan sebagai Ilmu Teoretis dan Praktis
C. Dasar, Fungsi, dan Tujuan Pendidikan Nasional
1. Dasar
2. Fungsi
3. Tujuan
BAB II
KOMPONEN PENDIDIKAN
A. Tujuan
B. Peserta Didik
C. Pendidik
D. Alat
1. Alat Pendidikan Positif dan
2. Alat Pendidikan Preventif dan Korektui. 39 Negatif.g
3. Alat Pendidikany yang Menyenangkan dan Menyenangkan..
E. Lingkungan/Milieu
1. Lingkungan Keluarga
2. Lingkungan Sekolah
3. Lingkungan Masyarakat
BAB III
ALIRAN, TEORI, DAN PILAR-PILAR PENDIDIKAN
A. Aliran-Aliran Pendidikan
1. Aliran Empirisme
2. Aliran Nativisme
3. Aliran Naturalisme
4. Aliran Konvergensi
5. Aliran Progresivisme
6. Aliran Esensialisme
7. Aliran Perenialisme
8. Aliran Konstruktivisme
B. Teori-Teori Pendidikan
1. Teori Koneksionisme
2. Teori Classical Conditioning
3. Teori Operant Conditioning
4. Teori Gestalt
5. Teori Medan (Field Theory)
6. Teori Humanistik
C. Pilar-Pilar Pendidikan
1. Learning to Know
2. Learning to Do
3. Learning to Be
4. Learning to Live Together
5. Learning How to Learn
6. Learning Throughout Life
BAB IV
KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
A. Pengertian Kompetensi dan Kurikulum Berbasis Kompetensi
B. Karakteristik Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
1. Sistem Belajar dengan Modul
2. Menggunakan Keseluruhan Sumber Belajar
3. Pengalaman Lapangan.
4. Strategi Belajar Individual-Personal
5. Kemudahan Belajar
6. Belajar Tuntas
C. Asumsi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
D. Keunggulan KBK
BAB V
PENILAIAN BERBASIS KELAS
A. Pengertian dan tujuan
B. Fungsi PBK
C. Prinsip-Prinsip PBK
D. Penilaian (Pengujian) Kompetensi pada KBK
E. Jenis Tagihan/Jenis Ujian
1. Kuis atau Ujian Singkat
2. Ulangan Harian atau Ulangan Formatif
3. Tugas
4. Ulangan Semester/Ujian Semester
5. Ulangan Kenaikan Kelas.
F. Bentuk Soal
1. Ranah Kognitif
2. Ranah Afektif
G. Ciri-Ciri Tes yang Baik
1. Validitas.
2. Reliabilitas
3. Objektivitas.
4. Praktikabilitas
5. Ekonomis
H. Teknik Penulisan Soal Bentuk Pilihan Ganda
1. Kaidah Penulisan Soal
2. Contoh Penulisan Soal Bentuk Pilihan Ganda
I. Analisis Butir Soal
1. Analisis Soal secara Kualitatif
2. Analisis Soal secara Kuantitatif
J. Tingkat Kesukaran Soal
K. Daya Pembeda Soal
L. Distraktor (Pengecoh)
M. Teknik Analisis dan Interpretasi Butir Soal
N. Analisis Perangkat Tes
BAB VI
MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
A. Tujuan MBS
B. Manfaat MBS
C. Faktor-Faktor yang Perlu Diperhatikan
1. Kewajiban Sekolah
2. Kebijakan dan Prioritas Pemerintah
D. Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah
E. MBS sebagai Proses Pemberdayaan
F. Konsep Pengajaran
G. Pengajaran yang Efektif.
DAFTAR PUSTAKA
INDEKS
Ketersediaan
370WIJd | 370 WIJ d | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
370 WIJ d
|
Penerbit | AR-RUZZ MEDIA : Jogjakarta., 2019 |
Deskripsi Fisik |
x, 12 x 19 cm; 176hlm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
979-25-4371-6
|
Klasifikasi |
370
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain