Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DASAR-DASAR ILMU PENDIDIKAN
Penanda Bagikan

Text

DASAR-DASAR ILMU PENDIDIKAN

WIJI SUWARNO - Nama Orang;

BAB I
PENDAHULUAN
A. Pengertian Pendidikan
B. Ilmu Pendidikan sebagai Disiplin Ilmu
1. Ilmu Pendidikan sebagai Ilmu Normatif
2. Ilmu Pendidikan sebagai Ilmu Teoretis dan Praktis
C. Dasar, Fungsi, dan Tujuan Pendidikan Nasional
1. Dasar
2. Fungsi
3. Tujuan

BAB II
KOMPONEN PENDIDIKAN
A. Tujuan
B. Peserta Didik
C. Pendidik
D. Alat
1. Alat Pendidikan Positif dan
2. Alat Pendidikan Preventif dan Korektui. 39 Negatif.g
3. Alat Pendidikany yang Menyenangkan dan Menyenangkan..
E. Lingkungan/Milieu
1. Lingkungan Keluarga
2. Lingkungan Sekolah
3. Lingkungan Masyarakat

BAB III
ALIRAN, TEORI, DAN PILAR-PILAR PENDIDIKAN
A. Aliran-Aliran Pendidikan
1. Aliran Empirisme
2. Aliran Nativisme
3. Aliran Naturalisme
4. Aliran Konvergensi
5. Aliran Progresivisme
6. Aliran Esensialisme
7. Aliran Perenialisme
8. Aliran Konstruktivisme
B. Teori-Teori Pendidikan
1. Teori Koneksionisme
2. Teori Classical Conditioning
3. Teori Operant Conditioning
4. Teori Gestalt
5. Teori Medan (Field Theory)
6. Teori Humanistik
C. Pilar-Pilar Pendidikan
1. Learning to Know
2. Learning to Do
3. Learning to Be
4. Learning to Live Together
5. Learning How to Learn
6. Learning Throughout Life

BAB IV
KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
A. Pengertian Kompetensi dan Kurikulum Berbasis Kompetensi
B. Karakteristik Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
1. Sistem Belajar dengan Modul
2. Menggunakan Keseluruhan Sumber Belajar
3. Pengalaman Lapangan.
4. Strategi Belajar Individual-Personal
5. Kemudahan Belajar
6. Belajar Tuntas
C. Asumsi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
D. Keunggulan KBK

BAB V
PENILAIAN BERBASIS KELAS
A. Pengertian dan tujuan
B. Fungsi PBK
C. Prinsip-Prinsip PBK
D. Penilaian (Pengujian) Kompetensi pada KBK
E. Jenis Tagihan/Jenis Ujian
1. Kuis atau Ujian Singkat
2. Ulangan Harian atau Ulangan Formatif
3. Tugas
4. Ulangan Semester/Ujian Semester
5. Ulangan Kenaikan Kelas.
F. Bentuk Soal
1. Ranah Kognitif
2. Ranah Afektif
G. Ciri-Ciri Tes yang Baik
1. Validitas.
2. Reliabilitas
3. Objektivitas.
4. Praktikabilitas
5. Ekonomis
H. Teknik Penulisan Soal Bentuk Pilihan Ganda
1. Kaidah Penulisan Soal
2. Contoh Penulisan Soal Bentuk Pilihan Ganda
I. Analisis Butir Soal
1. Analisis Soal secara Kualitatif
2. Analisis Soal secara Kuantitatif
J. Tingkat Kesukaran Soal
K. Daya Pembeda Soal
L. Distraktor (Pengecoh)
M. Teknik Analisis dan Interpretasi Butir Soal
N. Analisis Perangkat Tes

BAB VI
MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
A. Tujuan MBS
B. Manfaat MBS
C. Faktor-Faktor yang Perlu Diperhatikan
1. Kewajiban Sekolah
2. Kebijakan dan Prioritas Pemerintah
D. Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah
E. MBS sebagai Proses Pemberdayaan
F. Konsep Pengajaran
G. Pengajaran yang Efektif.

DAFTAR PUSTAKA
INDEKS


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya 370 WIJ d
370WIJd
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370 WIJ d
Penerbit
Jogjakarta : AR-RUZZ MEDIA., 2019
Deskripsi Fisik
x, 12 x 19 cm; 176hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-25-4371-6
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?