Detail Cantuman
Advanced Search
Text
ADAB DI ATAS ILMU 5
BAGIAN PERTAMA
Keutamaan Ilmu dan Ulama, serta Keutamaan Mempelajari Ilmu dan Mengerjakannya
Bab 1 Ayat-Ayat tentang keutamaan Ilmu dan Ulama
Bab 2 Hadits-Hadits tentang Keutamaan Ilmu dan Ulama
Bab 3 Atsar-Atsar tentang keutamaan ilmu dan Ulama
Bab 4 Menyibukkan diri dengan ilmu lebih baik daripada ibadah ibadah sunnah
Bab 5 Sanjungan dalam Nash-Nash bagi Para Ulama yang mengamalkan ilmunya
BAGIAN KEDUA
Adab Guru Kepada Diri Sendiri, Kepada Para Muridnya, dan Dalam Pelajarannya
Bab 1 Adab Guru Kepada diri sendiri
1. Merasa senantiasa diawasi Allah, bersikap tenang dan berwibawa
2. Menjaga Ilmu
3. Berprilaku Zuhud
4. Memurnikan Ilmu dari Tujuan Duniawi
5. Menjauhkan diri dari pekerjaan hina dan tidak di sukai
6. Senantiasa Menegakkan Syiar Islam dan Perkara-perkara Sunnah
7. Melazimkan Perkara-perkara yang dianjurkan oleh syariat
8. Menghiasi diri dengan Akhlak yang baik dalam berinteraksi social
9. Menyucikan Batin dan Lahir dari Akhlak buruk, lalu mengiasinya dengan Akhlak yang baik
10. Berusaha dengan Keras untuk menambah Amal Baik
11. Menerima pengetahuan drai orang yang lebih rendah kedudukannya
12. Produktif menulis buku
Bab 2 Adab Guru Ketika Mengajar
1. Menyiapkan diri untuk menghindari Majelis Pembelajaran dan menata niat dengan baik
2. Adab guru ketika akan berangkat dan Sampai di Majelis Pengajaran
3. Adab guru ketika duduk di Majelis Pengajaran
4. Memulai Pelajaran dengan bacaan Al-Qur’an dan Doa yang dianjurkan
5. Menggunakan Metode mengajar yang Relevan
6. Adab berbicara di Majelis Pengajaran ]
7. Menjaga Majelis Pengajaran dari kegaduhan dan perdebatan
8. Menegur orang yang menantang dan melanggar adab
9. Senantiasa jujur dan mengatakan “aku tidak tahu” atas sesuatu yang tidak diketahui
10. Memperlakukan Murid dengan baik dan memperdulikan kemaslahatan Pengajaran
11. Adab dalam menutup pengajaran
12. Jangan asal mengajar
Bab 3 Adab Guru Kepadaa Murid dan Ketika Berada di Halaqah
1. Ikhlas dalam mengajar dan bermaksud menghidupkan syariat
2. Tetap mengajar meskipun para Murid tidak memiliki keikhlasan dalam belajar
3. Mengajak para Murid untuk Cinta kepada Ilmu dan berzuhud terhadap dunia
4. Mencintai segala sesuatu yang dicintai murid sebagaimana hal itu dicintai diri sendiri, mempedulikan kemaslahatan murid, dan menasihati murid dengan lembut
5. Mengajar dengan lemah lembut
6. Kuat keinginannya untuk memahamkan Murid, dan menyebutkan Metode yang dipakai dalam mengajar
7. Menguji pemahaman murid atas materi yang disampaikan
8. Para murid dimintaa menjelaskan ulang mteri yang sudah dipelajari
9. Jangan membebani murid Melebihi kemmapuannya
10. Menyampaikan Kaidah-kaidah penting dan Masalah-masalah pelik
11. Tidak membeda-bedakan murid yang satu dengan yang lain tanpa alas an
12. Mengawasi kehidupan dan Akhlak Murid
13. Berusaha keras menjamin kemaslahatan murid
14. Rendah hati kepada murid dn menghormati mereka
BAGIAN 3
Adab Murid Kepada Diri Sendiri dan Guru
Bab 1 Adab Murid Kepada Diri Sendiri
1. Menyucikan hati dari segenap sifat buruk
2. Memiliki niat Baik
3. Menggunakan waktu sebaik-baiknya dan focus pada ilmu
4. Qana’ah dan sabar dalam kemiskinan
5. Memiliki perencanaan waktu
6. Tidak banyak makan
7. Berprilaku Wara’
8. Menjauhi makanan yang menyebabkan kebodohan
9. Menjaga kesehatan tubuh
10. Meninggalkan pergaulan
Bab 2 Adab Murid Kepada Guru dan Panutannya, serta Hal-Hal yang Wajib dilakukan dalam Mengagumkan Guru
1. Memilih Guru yang paling banyak mendapatkan manfaat
2. Patuh kepada Guru
3. Mengagungkan Guru
4. Memahami kemuliaan Guru dan memenuhi Hak-Haknya
5. Bersabar atas kerasnya perangai Guru
6. Pandai Berterimakasih Kepada Guru
7. Adab Berkunjung ke rumah Guru
8. Adab duduk di hadapan Guru
9. Menggunakan tutur kata yang baik kepada guru
10. Adab menyimak penjelasan Guru
11. Adab berbicara dengn Guru saat pembelajaran berlangsung
12. Adab berkhidmat kepada guru
13. Adab belajar dengan guru
Bab 3 Tahapan Belajar, Adab Membaca Pelajaran, serta Berbagai Pedoman Murid dalam Berinteraksi dengan Guru dan Murid Lainnya di Majelis Ilmu
1. Awali dengn belajar ilmu yang paling penting
2. Karena masih awal, jangan memasuki wilayah Khilafiyah (perbedaan pendapat)
3. Pastikan Bacaannya sudah benar sebelm menghafalnya
4. Membiasakan diri mendengar Hadits sejak dini dan memperhatikan ilmu-ilmu Hadits
5. Menekumi KItab-kitab tebal setelah mempelajari berbagai ringkasan
6. Rajin Mengikuti pengajaran Guru dan tekun belajar bersama
7. Adab menghindari dan duduk di Halaqah
8. Berlaku sopan terhadap semua orang yang hadir di Majelis Guru
9. Adab bertanya tentang Sesuatu yang sulit dipahami
10. Tidak mendahului antrean Murid yang lain
11. Adab membaca pelajaran kepada guru (1)
12. Adab membaca pelajaran kepada guru (2)
13. Adab terhadap teman-temannya
Bab 4 Adab Murid dalam Berinteraksi dengan Kitab Sebagai Media Ilmu: Mengoreksi isinya, Memberi Harakat, Membawa, Meletakkan, Membeli, Meminjam, Menyalin, dan lain-lain
1. Senang mengumpulkan Kitab-kitab
2. Adaaaaaab meminjamkan dan meminjam KItab
3. Memelihara buku dengan membuat Perpustkaan
4. Mencermati Keshahihan Kitab sebelum memilikinya
5. Adab menyalin KItab
6. Membaguskan Tulisan dengan memilih alat tulis terbaik
7. Adab mengoreksi Kitab dengan cara membacanya
8. Cara membuat takhrij
9. Tata cara menulis catatan kaki
10. Cara penulisan Judul, Pasal, dan Sejenisnya
11. Memasang coretan pada teks yang salah
Bab 5 Adab Murid dan Alumni di Asrama Madrasah yang Biasanya dijadikan tempat tinggal untuk belajar
1. Cara memilih Madrasah sebagai tempat belajar
2. Beberapa Kriteria Guru dan Pengurus Madrasah
3. Mengetahui Ketentuan-ketentuan Bertempat tinggal di Asrama Madrasah
4. Hal-Hal yang berkaitan dengan menempati Asrama sekolah
5. Mempergunakan waktu dengan sebaik-baiknya di Madrasah
6. Menghormati Para Penghuni Asrama Madrasah
7. Cara Memilih tetangga yang baik dan tempat yang cocok di Asrama Madrasah
8. Adab menempati Asrama yang lain di Madrasah
9. Hal-Hal yang tidak patut dilakukan oleh penghuni Asrama (1)
10. Hal-Hal yang tidak patut dilakukan oleh penghuni Asrama (2)
11. Adab Lainnya dalam mengikuti Halaqah Pelajaran
Ketersediaan
2x51SIJa | 2x5.1 SIJ a | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2x5.1 SIJ a
|
Penerbit | DIVA Press : Sampangan Gg.Perkutut No.325-B., 2024 |
Deskripsi Fisik |
XI, 14x20 cm; 230 hlm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-623-189-411-3
|
Klasifikasi |
2x5.1 SIJ a
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain