Detail Cantuman
Advanced Search
Text
PENDIDIKAN KARAKTER STRATEGI MENDIDIK ANAK DI ZAMAN GLOBAL
PROLOG
MANUSIA MENGUKUR WAKTU DAN WAKTU MENGUKUR MANUSIA
Bab I PENDIDIKAN KARAKTER SESUAI TINJAUAN HISTORIS
1.1 Perang Melawan Lupa
1.2 Pendidikan Karakter Aristokratis Ala Homeros
1.3 Pendidikan Karakter Populer Dalam Hesiodos
1.4 Pendidikan Karakter Patriotis Spartan
1.5 Pendidikan Karakter Harmonis Ala Athena
1.6 Pendidikan Karakter Retoris Athena
1.7 Sokrates, “Kenalilah dirimu sendiri”
1.8 Plato, “Mencetak seorang filsup pemimpin”
1.9 Pendidikan Karakter Kosmopolitan Hellenis
1.10 Pendidikan Karakter Ala Romawi
1.11 Pendidikan Karakter Kristiani
1.12 Pendidikan Karakter Modern
1.13 Pendidikan Karakter F.W. Foerster
1.14 Pendidikan Karakter di Indonesia
Bab II PENDIDIKAN
2.1 Etimologi
2.2 Kegiatan Manusiawi
2.3 Tindakan Edukatif
2.4 Tindakan Didaktis
2.5 Generasi yang Sedang Bertumbuh
2.6 Persoalan Seputar Tujuan Pendidikan
2.6.1 Tiga Fungsi Normatif Pendidikan
2.6.2 Asal Usul Tujuan Pendidikan
2.6.3 Proses Internal dan Eksternal
2.6.4 Stabilitas dan Fleksibilitas Tujuan Pendidikan
2.6.5 Persoalan Seputar Temporalitas Tujuan Pendidikan
2.6.6 Manusia Menentukan Tujuan Pendidikan
2.6.7 Tujuan Pamungkas Pendidikan
Bab III KARAKTER
3.1 Pemahaman Umum tentang Karakter
3.2 Dari Kualitas Menuju Struktur
3.3 Paradoks Pemahaman
3.4 Etimologi dan Interprestasi Atas Karakter
3.5 Berbagai Pendekatan tentang Karakter
3.6 Mekanisme Internal
3.7 Karakter Individu Mengarahkan ke Masa Depan
3.8 Menghormati Ruang bagi Misteri
3.9 Mengatasi Karakter (Beyond Character)
Bab IV PENDIDIKAN KARAKTER
4.1 Mengajarkan Karakter?
4.2 Edukasi Manusia
4.3 Urgensi Pendidikan Karakter
4.4 Kemunduran Pendidikan Karakter
4.5 Tujuan Pendidikan Karakter
Bab V PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI PEDAGOGI
5.1 Pendidikan Karakter sebagai Pedagogi
5.2 Tiga Matra Pendidikan Karakter
5.3 Sebelas Kanon Pengajaran Moral Menurut Komensky
Bab VI PENDIDIKAN KARAKTER DAN PERISTIWA-PERISTIWA PENDIDIKAN
6.1 Visi Pendidikan Karakter Lembaga Pendidikan
6.2 Individu-Individu dalam Lembaga Pendidikan (Sekolah)
6.2.1 Etika Profesi adalah Jiwa Pendidikan Karakter di Sekolah
6.2.2 Formasi Guru
6.3 Individu dan Lembaga Keluarga
6.4 Individu dan Lembaga Sosial Lain dalam Masyarakat
6.5 Kebijakan Negara
Bab VII PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH
7.1 Pendidikan Karakter (Moral, Nilai, Agama dan Kewarnegaraan?)
7.2 Nilai-Nilai dalam Pendidikan Karakter
7.3 Metodologi Pendidikan Karakter
7.3.1 Mengajarkan
7.3.2 Keteladanan
7.3.3 Menentukan Prioritas
7.3.4 Praksis Prioritas
7.3.5 Refleksi
7.4 Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Sekolah
Bab VIII LOCUS EDUCATIONIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH
8.1 Sekolah sebagai Wahana Aktualisasi Nilai
8.2 Setiap Perjumpaan adalah Momen Pendidikan Nilai
8.3 Wawasan Wiyata Mandala pada Masa Orientasi Sekolah
8.4 Manajemen Kelas
8.5 Penegakan Kedisiplinan di Sekolah
8.6 Pendampingan Perwalian
8.7 Pendidikan Agama bagi Pembentukan Karakter
8.8 Pendidikan Jasmani dan Distorsi bagi Pendidikan Karakter
8.9 Pendidikan Estetika dan Bahayanya bagi Pendidikan Karakter
8.10 Mengembangkan Kurikulum Secara Integral
8.11 Pendidikan Kehendak Melalui Pengalaman
BAB IX PENILAIAN PENDIDIKAN KARAKTER
9.1 Belajar dari Kasus Ujian Nasional
9.2 Siapa yang Berwenang Menilai?
9.3 Hakikat dan Tujuan Penilaian Pendidikan Karakter
9.4 Kriteria Penilaian Pendidikan Karakter
9.5 Performa Sekolah, “Membuat Besi Jadi Emas”
9.6 Menuju Kepemimpinan Pendidikan BerKarakter
Epilog
Menuju Kewarnegaraan Global
Ketersediaan
37011DKAp | 370.11 DKA p | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
370.11 DKA p
|
Penerbit | Grasindo : Jakarta., 2023 |
Deskripsi Fisik |
viii, 14,8 x 22,6 cm; 340 hlm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
9786023753253
|
Klasifikasi |
370.11
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain