Detail Cantuman
Advanced Search
Text
KURIKULUM PESANTREN
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Penelitian Terdahulu
B. Kerangka Teori
C. Definisi Konseptual
BAB III METODE PENELITIAN
A. Jenis Penelitian
B. Objek Penelitian
C. Sumber Data
D. Metode Pengumpulan Data
E. Metode Analisis Data
BAB IV KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN SALAF
A. Pengertian Kurikulum Pesantren Salaf
B. Komponen Kurikulum Pesantren Salaf
1. Tujuan Pendidikan Pesantren Salaf
2. Metode Pesantren Salaf
a. Sorogan
b. Wetonan (Bandongan)
c. Lalaran
d. Hafalan
e. Bathsul Masa’il
3. Bahan Ajar Pesantren Salaf
4. Evaluasi Pendidikan Pesantren Salaf
C. Pendidikan Pesantren Salaf: Pendidikan Tafaqquh Fidden
D. Karakteristik Pesantren Salaf
1. Pendidikan Pesantren dengan Barokah Kiai
2. Kitab Kuning Dominan sebagai Bahan Rujukan
3. Metode Klasik Implementatif yang Istikamah
4. Pengembangan Life Skills Santri
BAB V KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN KHALAF
A. Kurikulum Pesantren Khalaf
B. Komponen Kurikulum Pesantren Khalaf
1. Tujuan dalam Tinjauan Sosio-Historis
2. Bahan Ajar Pesantren Khalaf
3. Metode Pesantren Khalaf
4. Evaluasi Pesantren Khalaf
C. Pendidikan Pesantren Khalaf “Ma’a al akhzu bi al jadidi al ashlah”
D. Karakteristik Pesantren Khalaf
1. Pendidikan Inovatif dan Sederhana
2. Ekstrakulikuler dan Kreativitas Santri
3. Falsafah Santri dan Metode Klasikal
4. Kulturisasi Bahasa sebagai Sistem
BAB VI FORMULASI KURIKULUM PESANTREN
A. Formulasi Kurikulum Pesantren AIDA Tugujaya
1. Perencanaan Kurikulum Pesantren AIDA Tugujaya
a. Dasar Pengembangan Kurikulum Pesantren
b. Desain Perencanaan Kurikulum
c. Nilai Salafi dalam Perencanaan Kurikulum Pesantren
2. Implementasi Kurikulum Pesantren
a. Materi Ajar yang Disampaikan
b. Tempat Kegiatan Pembelajaran
c. Metode Pembelajaran
3. Evaluasi Kurikulum dan Pembelajaran
B. Formulasi Kurikulum Pesantren Raudhatul ‘Ulum Saka Tiga
1. Perencanaan Kurikulum Pesantren Raudhatul ‘Ulum
a. Dasar Pengembangan Kurikulum Pesantren
b. Desain Perencanaan Kurikulum Pesantren
c. Nilai Khalafi dalam Perencanaan Kurikulum Pesantren
2. Implementasi Kurikulum Pesantren Raudhatul ‘Ulum
a. Materi Ajar yang Disampaikan
b. Tempat Kegiatan Pembelajaran
c. Metode Pembelajaran
3. Evaluasi Kurikulum dan Pembelajaran
C. Kekuatan dan Kelemahan Kurikulum Pesantren Salaf AIDA Tugujaya
D. Kekuatan dan Kelemahan Kurikulum Pesantren Khalaf Raudlatul ‘Ulum Sakatiga
E. Faktor Pendukung dan Penghambat Kurikulum Pendidikan Pesantren Khalaf Raudlatul ‘Ulum Sakatiga
1. Faktor Pendukung dan Penghambat Kurikulum Pesantren Salaf AIDA Tugujaya
2. Faktor Pendukung dan Penghambat Kurikulum Pesantren Khalaf Raudlatul ‘Ulum Sakatiga
BAB VII INTEGRASI KURIKULUM PESANTREN SALAF DAN KHALAF
A. Langkah-Langkah yang Ditempuh Pesantren Salaf AIDA Tugujaya dalam Mengintegrasikan Kurikulum Pesantren
1. Analisis Kebutuhan Santri
2. Mengompramasikan Kurikulum Asal Pesantren Kiai dan Ustaz
3. Kebijakan Kiai
4. Inovasi Kurikulum
5. Implemetasi Kurikulum
B. Langkah-Langkah yang Ditempuh Pesantren Khalaf Raudlatul ‘Ulum Sakatiga dalam Mengintegrasikan Kurikulum Pesantren
1. Melakukan Konsorsium Sederhana
2. Evaluasi Kurikulum
3. Studi Komparatif Kurikulum Antarnegara dan Pesantren
4. Inovasi Kurikulum Pesantren
5. Mengadakan Kelas Eksprimen
C. Upaya Terhadap Integrasi Kurikulum Pesantren Salaf dan Khalaf
BAB VII PENUTUP
A. Simpulan
B. Rekomendasi
Ketersediaan
3781DARk | 378.1 DAR k | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
378.1 DAR k
|
Penerbit | Penerbit Deepublish : Yogyakarta., 2022 |
Deskripsi Fisik |
ill, xxii, 15,5 x 23 cm; 190 hlm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-623-02-1467-7
|
Klasifikasi |
378.1
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain